Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

MIND ID Optimistis Kinerja 2020 Tetap Positif

Meskipun berpotensi merugi akibat pandemi Covid-19, hingga saat ini holding BUMN pertambangan ini masih bisa untung Rp44 miliar hingga Rp50 miliar untuk tahun ini.
Finna U. Ulfah
Finna U. Ulfah - Bisnis.com 29 September 2020  |  20:56 WIB
Kegiatan operasional pertambangan anggota MIND ID. - mind.id
Kegiatan operasional pertambangan anggota MIND ID. - mind.id

Bisnis.com, JAKARTA - Holding BUMN Pertambangan, MIND ID, optimistis kinerja keuangan akan berangsur membaik seiring dengan pemulihan harga komoditas dalam beberapa bulan terakhir.

Direktur MIND ID Orias Petrus Moedak mengatakan bahwa saat awal pandemi Covid-19 meluas di banyak negara, pihaknya bersama dengan Kementerian BUMN melakukan stress test terhadap kinerja grup di tengah tantangan bisnis akibat sentimen tersebut.

Hasilnya, holding yang terdiri atas PT Inalum, PT Bukit Asam Tbk. (PTBA), PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM), PT Timah Tbk. (TINS), berpotensi merugi hingga Rp2 triliun pada tahun ini.

Pada awalnya kami melakukan stress test bisa merugi, tetapi hingga posisi hari ini kami masih bisa untung sedikit Rp44 miliar hingga Rp50 miliar secara grup untuk tahun ini,” ujar Orias saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi IV, Selasa (29/9/2020).

Hal itu seiring dengan pemulihan beberapa harga komoditas sehingga peluang BUMN pertambangan untuk mencetak kinerja positif kembali terbuka.

Kendati demikian, Orias memprediksi penerimaan negara bukan pajak (PNBP) BUMN pertambangan pada tahun ini akan lebih rendah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal itu termasuk setoran dividen yang juga akan menciut.

“Penerimaan untuk negara mengalami penurunan kurang lebih 50 persen," ujar Orias.

Berdasarkan data MIND ID, total PNBP pada semester I/2020 hanya mencapai Rp1,86 triliun. Jumlah tersebut sangat jauh dibandingkan dengan total PNBP sepanjang 2019 yang mencapai Rp6,75 triliun.

Pada semester I/2020, belum ada perusahaan MIND ID yang membagikan dividen interim.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

inalum MIND ID
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top