Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pefindo Sematkan Rating idA untuk Produsen Kertas Lontar Papyrus Pulp & Paper

Peringkat yang disematkan oleh Pefindo mencerminkan kemampuan obligor yang solid dalam memenuhi komitmen jangka panjangnya.
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 24 Agustus 2020  |  17:48 WIB
Suasana pabrik kertas di salah satu fasilitas Asian Pulp and Paper (APP), perusahaan yang membawahkan PT Pindo Deli Pulp andnPaper Mills, induk dari Lontar Papyrus. - asianpulppaper
Suasana pabrik kertas di salah satu fasilitas Asian Pulp and Paper (APP), perusahaan yang membawahkan PT Pindo Deli Pulp andnPaper Mills, induk dari Lontar Papyrus. - asianpulppaper

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pemeringkat Efek Indonesia atau Pefindo menyematkan peringkat atau rating idA untuk perusahaan kertas PT Lontar Papyrus Pulp & Paper. Pefindo menilai perusahaan kertas yang bernaung di bawah Grup Sinarmas itu memiliki likuiditas yang cukup untuk melunasi surat utang jatuh tempo Oktober 2020.

Berdasarkan laporan Pefindo yang dikutip Bisnis, Senin (24/8/2020), peringkat idA disematkan untuk MTN I/2017 Lontar Papyrus Pulp & Paper Industry (LPPI) senilai Rp1 triliun.

Lontar Papyrus  berencana  melunasi MTN yang akan jatuh tempo dengan kas dan setara kas, serta aset investasi jangka pendek. Kas dan setara kas perseroan per Juni 2020 mencapai US$58 juta. Adapun aset investasi jangka pendek mencapai US$364 juta.

"Peringkat idA menunjukkan bahwa penerbit mampu memenuhi komitmen keuangan jangka panjang atas jaminan utang, dibandingkan dengan emiten Indonesia lainnya, cukup kuat, " tulis Pefindo.

Sejauh ini, MTN I/2017 Lontar Papyrus Pulp & Paper Industry selalu mendapat rating idA sejak surat utang itu diterbitkan pada 2017. Dalam enam kali periode pemeringkatan, Pefindo menegaskan peringkat idA.

Untuk diketahui, Lontar Papyrus merupakan produsen bubur kertas dan tisu yang merupakan anggota grup Asian Pulp and Paper (APP), produsen produk pulp dan kertas terkemuka di pasar global.

Perusahaan ini beroperasi sejak 1976.  Per 30 Juni 2020, 99,9% sahamnya dimiliki oleh PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills, yang juga merupakan bagian dari Grup Sinar Mas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sinar mas kertas pefindo
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top