Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sekretaris Utama BIN dan Mantan Rektor UI Jadi Komisaris Aneka Tambang (ANTM)

Perubahan pengurus Antam kali ini merupakan yang kedua dalam kurun waktu kurang dari satu tahun. Sebelumnya pada Desember 2019, terjadi pergantian tiga direksi, termasuk direktur utama.
Suasana Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 2019 PT Aneka Tambang Tbk di Jakarta, Kamis (11/6/2020). Istimewa
Suasana Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 2019 PT Aneka Tambang Tbk di Jakarta, Kamis (11/6/2020). Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Susunan direksi dan komisaris emiten tambang pelat merah, PT Aneka Tambang Tbk., kembali dirombak. 

Hal tersebut diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2019 yang digelar di Jakarta, pada hari ini, Kamis (11/6/2020).

Pemegang saham memutuskan untuk memberhentikan secara terhormat Zaelani sebagai Komisaris Aneka Tambang. Posisi itu kemudian diganti oleh Bambang Sunarwibowo.

Untuk diketahui, Bambang Sunarwibowo saat ini menjabat sebagai Sekretaris Utama Badan Intelijen Negara (BIN) sejak 3 Maret 2020. Bambang merupakan perwira tinggi Polri berpangkat Komisaris Jenderal Polisi dan berpengalaman di bidang intelijen. Sebelumnya, Bambang juga sempat menjabat sebagai Deputi IV Badan Intelijen Negara Bidang Ekonomi Intelijen.

“Dewan Komisaris dan Direksi Antam mengucapkan terima kasih kepada Bapak Zaelani atas dedikasi dan dukungannya kepada Antam selama menjabat sebagai Komisaris Antam,” tulis Manajemen Aneka Tambang dalam keterangan resminya, Kamis (11/6/2020).

Figur baru yang  juga mengisi jajaran Komisaris Antam adalah Gumilar Rusliwa Somantri, rektor Universitas Indonesia (UI) periode 2007-2012. Saat terpilih sebagai rektor, Gumilar masih berusia 44 tahun dan mencatat sejarah sebagai Rektor UI termuda. Saat ini Gumilar masih tercatat sebagai Guru Besar di UI bidang sosiologi.

Sebelumnya, susunan pengurus emiten berkode saham ANTM itu telah dirombak pada Desember 2019. Produsen emas itu menggelar rapat umum pemegang saham luar  biasa (RUPSLB), Kamis (19/12/2019).

Hasilnya, Kementerian BUMN memberhentikan dengan hormat Arie Prabowo Ariotedjo sebagai Direktur Utama, Dimas Wikan Pramudhito sebagai Direktur Keuangan, dan Sutrisno S. Tatetdagat sebagai Direktur Pengembangan Usaha.

Sebagai gantinya, Erick menunjuk Dana Amin sebagai Direktur Utama, Anton Herdianto sebagai Direktur Keuangan, dan Risono sebagai Direktur Pengembangan Usaha.

Adapun, berikut susunan pengurus Aneka Tambang terbaru:

Dewan Komisaris

  • Komisaris Utama: Agus Surya Bakti
  • Komisaris Independen: Gumilar Rusliwa Somantri 
  • Komisaris Independen: Anang Sri Kusuwardono 
  • Komisaris:  Bambang Sunarwibowo
  • Komisaris: Dadan Kusdiana
  • Komisaris:  Arif Baharudin

Dewan Direksi

  • Direktur Utama: Dana Amin
  • Direktur Operasi dan Produksi:  Hartono
  • Direktur Niaga: Aprilandi Hidayat Setia
  • Direktur Sumber Daya Manusia:  Luki Setiawan Suardi
  • Direktur Keuangan:  Anton Herdianto
  • Direktur Pengembangan Usaha:  Risono

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Finna U. Ulfah
Editor : Rivki Maulana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper