Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Keran Ekonomi Kembali Dibuka, Saham India Menghijau

Indeks S&P BSE Sensex menguat 1,8 persen ke level 38.887 hingga pukul 09.44 waktu Mumbai. sedangkan indeks NSE Nifty 50 bergerak naik 1,7 persen
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 08 Juni 2020  |  12:59 WIB
Gedung National Stock Exchange (NSE) di Mumbai, India. - nseindia.com
Gedung National Stock Exchange (NSE) di Mumbai, India. - nseindia.com

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham India kembali menunjukkan pergerakan positif seiring dengan fase pertama pembukaan kegiatan ekonomi di negara tersebut.

Dilansir dari Bloomberg pada Senin (8/6/2020), indeks S&P BSE Sensex menguat 1,8 persen ke level 38.887 hingga pukul 09.44 waktu Mumbai. Sedangkan indeks NSE Nifty 50 bergerak positif sebesar 1,7 persen.

Adapun 18 dari 19 sub sektor yang dikelompokkan oleh BSE Ltd. mengalami kenaikan yang dimotori oleh sektor perbankan. Sebanyak 28 saham perusahaan mengalami kenaikan sementara dua lainnya terkontraksi.

IndusInd Bank Ltd dan HDFC Bank Ltd memimpin pergerakan positif ini dengan kenaikan masing-masing 7,2 persen dan 2,5 persen. Sementara, saham perusahaan farmasi, Sun Pharmaceutical Ltd terkontraksi 0,8 persen.

Sebelumnya, indeks India juga menutup perdagangan di zona hijau pada Jumat lalu setelah pelonggaran yang dilakukan pemerintah berujung pada aksi borong saham di negara tersebut. Pembukaan kegiatan ekonomi ini menghasilkan pemasukan dana asing lebih dari US$4 miliar. Jumlah ini merupakan pembelian terbesar di Asia pada kuartal I/2020.

Sudip Bandyopadyay dari Inditrade Capital Ltd di Mumbai mengatakan, optimisme pasar di India merupakan kombinasi dua sentimen positif, yaitu pembukaan kembali kegiatan ekonomi, serta perkiraan pergerakan muson di India.

“Sentimen lain adalah reli saham global yang suportif dan masuknya dana asing ke pasar India,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

india
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top