Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ringkasan Bursa Pekan II Mei: Pasar Diramaikan Pencatatan Saham, Reksa Dana dan Obligasi

Sepanjang pekan kedua Mei 2020, Bursa Efek Indonesia diramaikan dengan aksi pencatatan saham, reksa dana dan obligasi.
Pengunjung menggunakan smarphone didekat papan elektronik yang menampilkan perdagangan harga saham di Jakarta, Rabu (22/4/2020). Bisnis/Dedi Gunawan
Pengunjung menggunakan smarphone didekat papan elektronik yang menampilkan perdagangan harga saham di Jakarta, Rabu (22/4/2020). Bisnis/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA – Sepanjang pekan kedua Mei 2020, Bursa Efek Indonesia diramaikan dengan aksi pencatatan saham, reksa dana dan obligasi.

Pada awal pekan ini, Senin (4/5), saham dan waran PT Cashlez Worldwide Indonesia Tbk. (CASH) resmi dicatatkan di Papan Akselerasi PT Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai perusahaan tercatat ke-27 pada tahun 2020. CASH bergerak pada sektor Trade, Services & Investment dengan subsektor Computer And Services.

Pada hari yang sama, Obligasi Berkelanjutan III PNM III Tahun 2020 yang diterbitkan oleh PT Permodalan Nasional Madani (Persero) mulai dicatatkan di BEI dengan nilai nominal sebesar Rp250 miliar. Hasil pemeringkatan untuk Obligasi ini dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) adalah idA+ (Single A Plus). Bertindak sebagai Wali Amanat dalam emisi ini adalah PT Bank Mega Tbk.

Pada hari berikutnya, yaitu Selasa (5/5), Obligasi Berkelanjutan II Batavia Prosperindo Finance Tahap II Tahun 2020 dengan Tingkat Bunga Tetap (Obligasi) yang diterbitkan oleh PT Batavia Prosperindo Finance Tbk. mulai dicatatkan di BEI.

Obligasi tersebut dicatatkan dengan nilai nominal sebesar Rp200 miliar tingkat bunga 9,70 persen per tahun dan jangka waktu 370 hari sejak tanggal emisi. Hasil pemeringkatan untuk Obligasi dari Pefindo adalah idBBB (Triple B). Bertindak sebagai Wali Amanat dalam emisi ini adalah PT Bank Mega Tbk.

Masih pada hari yang sama, secara virtual telah dicatatkan Reksa Dana Indeks Syailendra ETF MSCI Indonesia Universal Index (XSMU). XSMU merupakan ETF ke-4 yang tercatat di BEI pada tahun 2020 dan menjadi ETF ke-42 di BEI sampai dengan saat ini.

Reksa dana ETF XSMU ini adalah reksa dana indeks yang berisi saham-saham perusahaan dengan bobot ESG (Environment, Social & Good Governance). Pemeringkatan Perusahaan Tercatat yang terpilih mengacu pada indeks MSCI Indonesia ESG Universal.

Pada akhir minggu, yaitu pada Jumat (8/5), Obligasi Berkelanjutan III PLN Tahap VII Tahun 2020 yang diterbitkan oleh PT PLN (Persero) mulai dicatatkan di BEI dengan nilai nominal sebesar Rp1,74 triliun. Hasil pemeringkatan untuk Obligasi ini dari Pefindo masing-masing adalah idAAA (Triple A). Bertindak sebagai Wali Amanat dalam emisi ini adalah PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.

Selain itu, Obligasi Berkelanjutan I J Resources Asia Pasifik Tahap IV Tahun 2020 yang diterbitkan oleh PT J Resources Asia Pasifik Tbk (PSAB) mulai dicatatkan di BEI pada Jumat (8/5) sebesar Rp225 miliar dengan jangka waktu 3 (tiga) tahun sejak tanggal emisi dengan tingkat bunga tetap sebesar 10,25 persen per tahun.

Hasil pemeringkatan dari Pefindo untuk Obligasi adalah idA (Single A). Bertindak sebagai Wali Amanat dalam emisi ini adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Total emisi Obligasi dan Sukuk yang sudah tercatat sepanjang tahun 2020 (year to date) adalah 22 emisi dari 19 emiten senilai Rp20,82 triliun. Dengan pencatatan ini maka total emisi Obligasi dan Sukuk yang tercatat di BEI berjumlah 429 emisi dengan nilai nominal outstanding sebesar Rp435,53 triliun dan USD47,5 juta, diterbitkan oleh 116 Emiten.

Adapun, Surat Berharga Negara (SBN) yang tercatat di BEI berjumlah 100 seri dengan nilai nominal Rp3.010,55 triliun dan USD400 juta. EBA sebanyak 11 emisi senilai Rp9,20 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ropesta Sitorus
Editor : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper