Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Asia Pacific Fibers (POLY) Umumkan Penghentian Operasional Dua Pabrik

Perseroan menjelaskan pihaknya mengambil langkah tersebut sebagai asumsi dan harapan kondisi ekonomi sudah mulai membaik di bulan Juli atau Agustus 2020.
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 05 Mei 2020  |  16:30 WIB
Kain anti-api dibutuhkan sebagai bahan baku beragam produk akhir.  - Asia Pacific Fiber.
Kain anti-api dibutuhkan sebagai bahan baku beragam produk akhir. - Asia Pacific Fiber.

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten tekstil PT Asia Pacific Fibers Tbk. (POLY) mengumumkan penghentian operasional pabrik Karawang dan Kaliwungu (shutdown) terhitung mulai Selasa (5/5/2020) untuk kurun waktu satu bulan ke depan.

Hal tersebut tercantum dalam keterangan resmi perseroan yang ditantangani Presiden Direktur V. Ravi Shankar di laman keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (5/5/2020).

Perseroan menjelaskan pihaknya mengambil langkah tersebut sebagai asumsi dan harapan kondisi ekonomi sudah mulai membaik di bulan Juli atau Agustus 2020.

“Selama pabrik dalam masa shutdown seluruh karyawan akan di lay-off, kecuali karyawan bagian maintenance yang ditunjuk untuk masuk sesuai jadwal yang telah ditetapkan dan dibantu beberapa kontraktor dari luar untuk melakukan perbaikan dan perawatan mesin-mesin produksi agar tetap dalam kondisi baik,” tulis manajemen dalam keterangan resminya, Selasa (5/5/2020).

Perseroan juga masih memperkerjakan beberapa karyawan di bagian lain sesuai dengan kebutuhan minimal agar operasional perusahaan tetap berjalan. Namun, pegawai tersebut tetap harus tunduk pada protokol kesehatan dan keselamatan kerja yang ditetapkan perusahaan dan pemerintah.

Perseroan menyatakan hampir seluruh perusahaan yang terdampak langsung maupun tidak langsung melakukan upaya lay-off dengan pembayaran upah masa lay-off termasuk pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) seminimal mungkin agar memiliki modal yang cukup saat menjalankan usahanya kembali.

“Dalam situasi yang demikian itu kami mengharapkan para pimpinan Serikat Pekerja dan karyawan untuk bisa mengerti dan memahami situasi dan kondisi perusahaan yang berdarah-darah (sangat sulit) saat ini,” pungkas manajemen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tekstil poly asia pacific fibers
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top