Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Patuhi PSBB Jakarta, Antam Buka Transaksi Emas Daring

Antam mendukung kebijakan penerapan PSBB di Jakarta dengan membuka layanan transaksi emas secara daring.
Bambang Supriyanto
Bambang Supriyanto - Bisnis.com 17 April 2020  |  09:40 WIB
emas antam
emas antam

Bisnis.com, JAKARTA- PT Aneka Tambang Tbk (Antam) mendukung kebijakan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta dengan membuka layanan transaksi emas secara daring.

Melalui Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia (UBPP LM), perusahaan  memaksimalkan website www.logammulia.com untuk memudahkan masyarakat membeli emas. Antam juga membuka fasilitas reservasi melalui aplikasi whatsapp untuk pelanggan yang melakukan buyback atau menjual kembali emasnya. 

Direktur Niaga Antam Aprilandi H. Setia mengatakan sistem transaksi online ini dilakukan sebagai wujud komitmen pelayanan kepada pelanggan. 

“Selain untuk mencegah penyebaran Covid-19, transaksi online dijalankan Perusahaan untuk memberi kemudahan kepada pelanggan dalam bertransaksi emas baik membeli maupun menjual” kata Apriladi. 

Menurut Aprilandi, Butik Emas Logam Mulia beroperasi secara terbatas untuk pengambilan pesanan emas pelanggan ataupun untuk keperluan buyback emas. Ditengah pandemi Covid-19, minat masyarakat untuk bertransaksi emas tetap tinggi. Sampai dengan 17 April 2020, harga emas tercatat mencapai Rp942.000 per gram. 

Pada sistem transaksi daring, tersedia dua layanan yakni emas langsung diambil di Butik Emas Logam Mulia terdekat atau dikirim melalui ekspedisi yang bekerjasama dengan Antam. Untuk buyback bisa dilakukan di Butik Emas terdekat setelah membuat perjanjian melalui aplikasi whatsapp. Khusus di Jakarta, Butik Emas yang beroperasi adalah Butik Graha Dipta di Pulogadung, Jakarta Timur. 

Berikut ini penting untuk diperhatikan soal mekanisme transaksi emas Antam ditengah pandemi Covid-19:

  1. Transaksi Pembelian Emas Online

Pelanggan membeli emas secara online di www.logammulia.com. Pelanggan bisa memilih lokasi Butik Emas terdekat untuk pengambilan barang. Selama pandemi Covid-19 produk yang dapat dibeli adalah CertiCard dan Gift Series sesuai dengan ketersediaan stok. Pelanggan dapat mengambil logam mulia yang telah dibeli dengan batas waktu 7 hari kalender setelah transaksi dilakukan.  

Pengambilan logam mulia di Butik Emas terdekat dapat dilakukan dengan persyaratan: Tidak dapat dikuasakan, Membawa KTP asli serta bukti  transaksi online.  Sementara itu, untuk transaksi yang menggunakan layanan delivery service oleh ekspedisi yang bekerjasama dengan Antam dapat dilakukan untuk transaksi hingga Rp100 juta. 

  1. Reservasi layanan Buyback via WhatsApp

Selain website, pilihan lain untuk membeli ataupun menjual (buyback) adalah melalui aplikasi WhatsApp. Setiap Butik Emas Logam Mulia yang beroperasi saat ini memiliki nomor unik WhatsApp yang berbeda untuk memudahkan dan memberikan keamanan kepada pelanggan.  

“Sistem pre-order logam mulia dan reservasi buyback lewat WhatsApp Kami lakukan untuk meminimalisir pertemuan dengan customer service dan menghindari durasi antri yang lebih lama, serta memudahkan dan menjaga keamanan transaksi pelanggan,” kata Aprilandi.

Dengan mekanisme ini, pelanggan dapat memesan logam mulia sesuai keinginan atau membuat janji temu untuk melakukan transaksi buyback, lalu datang ke Butik Emas yang dipilih sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.  

  1. Pembayaran lewat transfer virtual account

Antam menerapkan sistem transaksi non-tunai untuk seluruh transaksi emas di Butik Emas Logam Mulia yang beroperasi. Pelanggan dapat memanfaatkan fasilitas yang aman dan mudah dengan sistem pembayaran transfer virtual account.

Selain Jakarta, saat ini tercatat ada 10 Butik Emas yang beroperasi secara terbatas untuk melayani pengambilan emas dan melakukan transaksi buyback di Bandung, Surabaya, Semarang, Makassar, Balikpapan, Banjarmasin, Medan, Yogyakarta, Palembang, dan Denpasar. Butik Emas Logam Mulia diluar Jakarta juga terus menyesuaikan kebijakan Pemerintah Daerah setempat terkait penerapan PSBB.

Antam mewajibkan protokol kesehatan kepada seluruh pegawai dan pelanggan antara lain pemeriksaan suhu tubuh, mencuci tangan dengan hand sanitizer atau di portable handwash yang disediakan, menggunakan masker dan menerapkan pembatasan jarak fisik.

Lokasi Butik Emas, mekanisme pembelian online, dan nomor WhatsApp untuk pemesanan dapat dilihat di www.logammulia.com dan instagram UBPP Logam Mulia ANTAM, @antamlogammulia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

antam Harga Emas Antam
Editor : Kahfi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top