Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Buka Rekening Efek Daring di Mandiri Sekuritas Cuma 10 Menit, Ini Caranya

Inovasi dalam layanan MOST menggunakan teknologi terbaru dengan pendekatan machine learning, seperti pemindai teks (optical character recognition/OCR) serta facial recognition. 
Dhiany Nadya Utami
Dhiany Nadya Utami - Bisnis.com 15 April 2020  |  10:37 WIB
pasar saham tidak sebagus pasar obligasi tahun ini. - Bisnis.com
pasar saham tidak sebagus pasar obligasi tahun ini. - Bisnis.com
 Bisnis.com, JAKARTA – PT Mandiri Sekuritas (Mandiri Sekuritas) kembali meningkatkan layanan untuk pembukaan rekening efek secara daring via platform bernama Mandiri Online Securities Trading (MOST).
 
Dengan adanya peningkatan ini, proses pembukaan rekening efek secara daring (online) menjadi hanya 10 menit bagi nasabah Bank Mandiri dari sebelumnya membutuhkan waktu satu hari kerja.
 
Direktur Mandiri Sekuritas Theodora VN Manik mengatakan hal tersebut merupakan komitmen perusahaan untuk terus berupaya mendukung minat masyarakat berinvestasi di pasar modal secara digital dengan nyaman, cepat dan mudah. 
 
Menurutnya, generasi milenial serta mereka yang berinvestasi melalui layanan digital seperti MOST memiliki karakter digital minded, efisien, dinamis, punya passion tinggi untuk maju dan ingin serba cepat. 
 
“Layanan Online Account Opening yang baru ini memenuhi kebutuhan karakter tersebut sekaligus memberikan keamanan bagi mereka dalam berinvestasi,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Rabu (15/4/2020) 
 
Apalagi, per kuartal-1 2020, Mandiri Sekuritas mencatat terdapat 126.000 nasabah individu atau retail di mana 80% nasabah bertransaksi secara digital melalui MOST. Jumlah nasabah tersebut meningkat 26 persen dari 100.000 di kuartal-1 2019. 
 
Dari jumlah tersebut, lebih dari separuhnya atau sekitar 60 persen nasabah retail berada pada segmen usia milenial atau generasi yang lahir di tahun 1980-2000.
 
Lebih lanjut, Theodora mengatakan inovasi dalam layanan MOST menggunakan teknologi terbaru dengan pendekatan machine learning, seperti pemindai teks (optical character recognition/OCR) serta facial recognition
 
“Dan yang paling penting, Mandiri Sekuritas menjamin keamanan data nasabah dengan penggunaan digital signature dan verifikasi data personal e-KTP yang terintegrasi dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil,” kata Theodora.
 
Layanan Online Account Opening memberikan kemudahan dalam proses registrasi yang dapat dilakukan menggunakan smartphone hanya dengan 3 (tiga) langkah:
•Langkah pertama adalah mengisi data diri.
•Langkah kedua adalah mengunggah dokumen yang diperlukan dalam transaksi di pasar modal seperti KTP, swafoto dengan KTP, dan NPWP. 
•Dan langkah terakhir adalah melakukan tanda tangan digital untuk pembukaan rekening investasi dan rekening efek.
 
Layanan Online Account Opening pertama kali diluncurkan pada tahun 2016. Layanan ini hadir setelah pemerintah menerbitkan regulasi yang mendukung inovasi digital di industri pasar modal melalui Peraturan OJK Nomor 22 Tahun 2014 tentang Prinsip Mengenal Nasabah (Know Your Customer/KYC).
 
Pada tahun 2019, Mandiri Sekuritas menambahkan fitur tanda tangan elektronik yang tersertifikasi (digital signature) MOST DigiSign yang mempercepat pembukaan rekening efek dan rekening dana nasabah secara online hanya dalam waktu satu hari.
 
Melalui MOST, Mandiri Sekuritas memberikan pengalaman digital yang menyeluruh kepada para nasabah, mulai dari pembukaan rekening efek online, aplikasi trading multiplatform, produk-produk pasar modal terlengkap yang tersedia secara online, serta kelas investasi online MOST Learning.
 
“Dengan adanya layanan Online Account Opening, kami barharap dapat berkontribusi dalam meningkatkan inklusi pasar modal di Indonesia serta membantu masyarakat meraih kemapanan di masa depan,” pungkas Theodora.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rekening efek mandiri sekuritas
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top