Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Minyak Anjlok, Wintermar Marine (WINS) Fokus Genjot Utilisasi Armada

Efek domino dari penyebaran virus corona dinilai belum berdampak terhadap kinerja Wintermar. Sementara itu, penurunan harga minyak belum akan berdampak dalam waktu dekat.

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten pelayaran PT Wintermar Offshore Marine Tbk. (WINS) menyatakan bakal fokus meningkatkan utilisasi armada pada tahun ini, di tengah tren penurunan harga minyak dan efek domino dari penyebaran virus corona.

Investor Relations Wintermar, Pek Swan Layanto mengatakan upaya peningkatan utilisasi telah dilakukan sejak tahun lalu menyusul sejumlah proyek pengeboran minyak lepas pantai (offshore drilling) yang melibatkan perseroan.

Dia menambahkan pihaknya juga tengah membahas kemungkinan untuk melakukan pembelian kapal baru  guna menambah ataupun menggantikan armada yang sudah ada. 

Hal ini dinilai penting selain untuk meningkatkan utilisasi, juga untuk memastikan pelayanan prima kepada klien.

“Saat ini kami masih memantau. Nanti apabila ada kesempatan yang bagus kami akan membeli kapal dengan kualitas baik dengan harga yang rendah,” tambahnya.

Hingga Desember 2019 lalu, emiten berkode saham WINS ini mengantongi kontrak senilai US$85 juta atau Rp1,16 triliun (Kurs Rp13.713). Dari jumlah tersebut, sebanyak 30 persen atau sekitar US$25,5 juta berasal dari klien luar negeri.

Pek Swan juga menambahkan, wabah virus corona tidak memiliki dampak langsung terhadap bisnis perusahaan. Wabah ini lebih menimbulkan efek samping berupa keterlambatan suku cadang kapal sampai di Indonesia akibat terhambatnya arus barang.

Sementara itu, krisis harga minyak yang tengah terjadi akan menjadi risiko pada proyek migas yang belum dimulai. Menurutnya, kejadian tersebut berpotensi menunda proyek migas yang baru akan berjalan.

“Tetapi, karena sejak lima tahun lalu, banyak proyek hulu migas ditunda sehingga mengurangi kapasitas migas. Hal ini juga membuat supply migas ikut turun karena kurangnya investasi,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper