Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Samuel Sekuritas Jagokan MAPI di Sektor Retail

Laba bersih perusahaan ritel seperti RALS, MAPI, dan ACES tetap mengalami peningkatan.
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 17 Februari 2020  |  04:09 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Samuel Sekuritas memprediksi pelemahan konsumsi domestik didasarkan pada melambatnya pertumbuhan pengeluaran konsumsi rumah tangga pada tahun 2019 sebesar 5,04 persen atau turun -1 bps yoy dibandingkan dengan 2018 yang sebesar 5,04 persen.

Analis Teuku Al Hafidh menerangkan, pelambatan pertumbuhan di tahun 2020 harusnya tidak terlalu besar. Hal ini dikarenakan masih ada beberapa sektor yang pertumbuhan konsumsinya masih naik dan sektor lain mengalami perlambatan pertumbuhan yang tidak terlalu besar.

Perlambatan pertumbuhan terbesar disumbangkan oleh sektor transportasi dan komunikasi yang per 2019 hanya tumbuh sebesar 4,79 persen atau turun -69 bps yoy dibandingkan dengan 2019 yang sebesar 5,47 persen.

“Lalu pertumbuhan tahunan indeks penjualan riil yang dirilis oleh Bank Indonesia per Desember -0,5% yoy atau +8,5% MoM. Jadi menurut kami, jika terjadi perlambatan pertumbuhan di tahun 2020 harusnya tidak terlalu besar,” ” ujar Hafidh kepada Bisnis.com pada Jumat (14/2/2020).

Hafidh melanjutkan, hampir semua emiten retail mengalami pelambatan same store sales growth (SSSG) per September 2019. Hal ini berpengaruh terhadap pertumbuhan pendapatan perseroan.

Namun, laba bersih perusahaan ritel yang SSI cover seperti RALS, MAPI, dan ACES tetap mengalami peningkatan. Hal ini disebabkan oleh perusahaan-perusahaan tersebut sedang berusaha melakukan efisiensi yang terlihat dari menurunnya proporsi beban operasi terhadap pendapatan, sehingga bottom line perusahaan masih tetap baik.

Untuk itu, SSI tetap melihat prospek dari emiten ritel masih bagus selama perseroan tersebut melakukan inovasi terkait strategi penjualan dan konsep gerai.

Hafidh sendiri menjagokan emiten PT Mitra Adiperkasa Tbk. (MAPI) di segmen retail melihat dari prospek kinerja keberlanjutan perseroan.

“Top pick sektor retail MAPI dengan target price Rp1.350,” imbuhnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ritel
Editor : Hafiyyan
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top