Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Buyung Poetra Sembada (HOKI) Optimistis Raih Kenaikan Laba di Kuartal II/2019

Emiten produsen beras kemasan PT Buyung Poetra Sembada Tbk. berharap dapat meraih pertumbuhan laba pada kuartal II/2019, setelah laba bersih tertekan pada kuartal sebelumnya. 
Direktur Utama PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) Sukarto Bujung (tengah) berbincang dengan Direktur Sukaking Bujung (dari kiri),  Direktur Budiman Susilo, Komisaris Utama  Jonathan Jochanan dan Komisaris Elly Tjandra usai rapat umum pemegang saham tahunan di Jakarta, Senin (17/6/2019)./Bisnis-Dedi Gunawan
Direktur Utama PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) Sukarto Bujung (tengah) berbincang dengan Direktur Sukaking Bujung (dari kiri), Direktur Budiman Susilo, Komisaris Utama Jonathan Jochanan dan Komisaris Elly Tjandra usai rapat umum pemegang saham tahunan di Jakarta, Senin (17/6/2019)./Bisnis-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten produsen beras kemasan PT Buyung Poetra Sembada Tbk. berharap dapat meraih pertumbuhan laba pada kuartal II/2019, setelah laba bersih tertekan pada kuartal sebelumnya. 

Pada kuartal I/2019, meski penjualan bersih perseroan tumbuh 4,78% menjadi Rp398,62 miliar, tetapi laba perseroan tertekan 4,21% menjadi Rp25,49 miliar. 

Presiden Direktur Buyung Poetra Sembada Sukarto Bujung memperkirakan laba perseroan pada kuartal II/2019 lebih baik dibandingkan dengan laba bersih kuartal sebelumnya. Sebab, harga beli bahan baku mulai turun pada April-Juni 2019 seiring dengan masa panen raya. 

Adapun, laba yang tertekan pada kuartal I/2019 disebabkan tingginya harga bahan baku yang tinggi karena masa panen raya yang bergeser ke April akibat cuaca. Panen raya yang mundur beberapa hari berakibat naiknya harga bahan baku sekitar 1%-2%. 

Lebih lanjut, kinerja kuartal II/2019 turut didorong penjualan selama Ramadan dan Lebaran yang meningkat sekitar 5%-10%. Sukarto memperkirakan penjualan semester I/2019 sesuai dengan target pertumbuhan tahunan sebesar 15%. 

Berdasarkan laporan keuangan 2018, HOKI mencetak penjualan dan laba bersih masing-masing sebesar Rp1,43 triliun dan Rp90,20 miliar atau naik sebesar 18,32% dan 88,07% secara tahunan. HOKI mengincar penjualan dapat meningkat 15% pada 2019 atau sekitar Rp1,65 triliun sepanjang tahun ini. 

"Kami melihat kuartal II/2019 lebih baik dari tahun lalu, karena masuk Ramadan dan Lebaran pada Mei dan Juni. Kami target penjualan tetap tumbuh 15%," katanya pada public expose pada Senin (17/6/2019). 

Penjualan beras kemasan dengan private label saat ini berkontribusi 30%-35% terhadap penjualan. Sukarto mengatakan bahwa perseroan akan mempertahankan kontribusi penjualan beras kemasan menggunakan label sendiri sekitar 70%-75%. 

Penjualan juga bakal didorong oleh peningkatakan kapasitas produksi pabrik di Subang sebesar 20 ton per jam yang telah selesai tahun ini. Dengan demikian, total kapasitas produksi perseroan pada tahun ini sebesar 55 ton per jam, terdiri dari pabrik pasar induk Cipinang sebesar 5 ton per jam dan pabrik Subang Jawa Barat 50 ton per jam. 

Untuk pasokan bahan baku, emiten dengan kode saham HOKI itu mendatangkan dari Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan. Strategi ini agar perseroan tidak hanya mengandalkan satu suplier saja. 

"Sebelum ada peraturan HET, margin private label dan label sendiri berbeda jauh hingga 30%. Tetapi, sejak ada aturan HET, [margin] bisa dikatakan sama," imbuhnya. 

Lebih lanjut, perseroan bakal memiliki fasilitas produksi yakni pabrik Sumatera Selatan dengan kapasitas 20 ton per jam. Dengan tambahan kapasitas tersebut, maka kapasitas produksi perseroan pada tahun depan menjadi 75 ton per jam. 

Seiring dengan peningkatakan kapasitas produksi, perseroan memperluas pasar baru di Sumatra. "Kami berharap pabrik itu dapat selesai karena banyak sekali supermarket lokal besar yang sudah minta ke kami. Kami akan buat depo khusus yang melayani itu [pasar Sumatra]," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper