Sentimen Perang Dagang, Yen Makin Perkasa

Kondisi perang dagang AS-China memicu kekhawatiran yang lebih luas tentang perang perdagangan global dan meningkatkan selera untuk mata uang safe-haven.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 06 Juni 2019  |  16:30 WIB
Sentimen Perang Dagang, Yen Makin Perkasa
Mata uang Yen Jepang - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Mata uang Jepang, yen menguat terhadap dolar karena sentimen buruk atas pembicaraan AS dan Meksiko tentang tarif dan imigrasi.

Kondisi tersebut memicu kekhawatiran yang lebih luas tentang perang perdagangan global dan meningkatkan selera untuk mata uang safe-haven. Pejabat Meksiko bertemu dengan rekan-rekan mereka di AS untuk negosiasi di Washington pada Rabu yang bertujuan untuk menghindari tarif AS untuk barang-barang Meksiko minggu depan, meskipun tidak ada tanda-tanda segera pemulihan hubungan.

Dalam sebuah langkah yang dapat memperdalam konflik perdagangan Washington dengan para mitranya, Presiden AS Donald Trump secara tak terduga mengatakan kepada Meksiko pekan lalu untuk mengambil garis yang lebih keras dalam membatasi imigrasi ilegal atau menghadapi tarif 5% untuk semua ekspornya ke Amerika Serikat.

Dolar melemah terhadap yen hingga 0,28% menjadi 108,16 yen.

Tim riset Monex Investindo Futures menuliskan dalam laporan, Kamis (6/6/2019), Greenback menguat di perdagangan Rabu pada optimisme awal terhadap pembicaraan perdagangan AS-Meksiko, dan survei Institute for Supply Management (ISM) yang menunjukkan bahwa aktivitas sektor jasa AS di Mei lalu melampaui ekspektasi 56,9 vs 55,6 dan 55,5 pada April.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
mata uang asia

Editor : Ana Noviani
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top