Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Philip Asset Management Luncurkan Reksa Dana ETF Perdana

Philip Asset Management resmi meluncurkan produk reksa dana ETF pertamanya dengan kode XPMI.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 12 April 2019  |  11:55 WIB
Karyawan memantau pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di salah satu perusahaan sekuritas di Jakarta, Jumat (5/4/2019). - Bisnis/Nurul Hidayat
Karyawan memantau pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di salah satu perusahaan sekuritas di Jakarta, Jumat (5/4/2019). - Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA—Philip Asset Management resmi meluncurkan produk reksa dana ETF pertamanya dengan kode XPMI.

Adapun, produk reksa dana ETF (exchange traded fund) tersebut berbasis saham-saham dalam indeks MSCI Indonesia dan bernama lengkap Reksa Dana Indeks ETF Phillip MSCI Indonesia Equity Index (XPMI).

Pradono Joko T Himawan, Direktur Utama Phillip Asset Management menjeaskan, pemilihan indeks Morgan Stanley Capital International (MSCI) sebagai aset dasar XPMI karena indeks tersebut telah sangat populer di mata investor domestik maupun luar negeri.

“Indeks MSCI Indonesia juga memiliki korelasi yang sangat dekat, rata-rata 0,98% selama 5 tahun terakhir, dengan IHSG,” katanya di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (12/4/2019).

Adapun pada tahap awal ini, XPMI memiliki nilai aktiva bersih (NAB) senilai Rp1.000 per unit penyertaan dengan minimum pembelian sebanyak 1 unit kreasi atau 100.000 unit penyertaan di pasar primer. Sementara di pasar sekunder, produk ETF ini dapat dibeli dengan minimum 1 lot atau 100 unit penyertaan.

Joko menambahkan, produk reksa dana ETF ini diharapkan mampu menarik minat investor institusi maupun ritel. 

Pasalnya, XPMI disebut menawarkan biaya pengelolaan yang rendah di antara produk sekelasnya di Indonesia, memiliki kinerja optimal yang dekat dengan pergerakan IHSG, mudah ditransaksikan, dan merupakan perpaduan sinergi antara dua lembaga internasional (Philip Capital dan MSCI).


Dalam peluncuran XPMI ini, Philip Asset Management bekerjasama dengan Philip Sekuritas Indonesia sebagai Dealer Partisipan dan Bank BCA sebagai Bank Kustodian.

Daniel Tedja, Direktur Utama Phillip Sekuritas Indonesia, menambahkan pihaknya pun terbuka menjadi dealer partisipan untuk produk reksa dana ETF dari perusahaan aset manajemen yang di luar Grup Philip Capital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

reksa dana etf
Editor : Riendy Astria

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top