Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Saham PTBA Berisiko Melemah

Saham PTBA ditutup melemah 10 poin di level 3.990 pada jeda perdagangan hari ini Senin sejalan dengan koreksi IHSG yang ditutup turun 9,2 poin di level 6.373.  Pasar terpantau belum memanfaatkan momentum penguatan bursa saham Asia yang kompak menghijau pasca-perkembangan pencapaian kesepakatan dagang antara AS dan China.
PT Bukit Asam Tbk
PT Bukit Asam Tbk

Bisnis.com, JAKARTA—Saham PTBA ditutup melemah 10 poin di level 3.990 pada jeda perdagangan hari ini Senin sejalan dengan koreksi IHSG yang ditutup turun 9,2 poin di level 6.373.  Pasar terpantau belum memanfaatkan momentum penguatan bursa saham Asia yang kompak menghijau pasca-perkembangan pencapaian kesepakatan dagang antara AS dan China.

Kondisi ini cukup penting, mengingat China merupakan negara tujuan ekspor terbesar bagi perusahaan – perusahaan batu bara di Indonesia. Dampak perang dagang selama ini cukup menekan pertumbuhan di negara itu hingga mencatatkan pertumbuhan terendah dalam dua dekade terakhir.

PT Bukit Asam Tbk, emiten dengan kode saham PTBA, diperkirakan mampu menghasilkan kinerja positif pada tahun 2018. Hingga kuartal III/2018 laba bersih yang dikantongi perseroan sudah mencapai 3,93 triliun.

Perseroan akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan pada 1 April mendatang salah satu poinnya akan menetapkan pembagian dividen. Sebagai informasi dari kinerja tahun 2017, nilai pembagian dividend payout ratio PTBA mencapai 74% atau sebanyak Rp3,35 triliun.

Diperkirakan potensi dividen yang dibagikan untuk tahun buku 2018 juga cukup besar dan menarik selain dari harga saham ini masih relatif murah untuk dikoleksi.  Saat ini, valuasi saham PTBA tengah terdiskon dengan forward PE ratio sebesar 9,2 kali atau -1 standar deviasi di bawah rata-rata historis 5 tahun dengan forward PE ratio 10,2 kali. Bahkan, saham ini juga relatif outperform apabila dibandingkan dengan saham indeks sektor pertambangan yang memiliki forward PE ratio sebesar 8,26 kali.

Secara teknikal analisis, candlestick saham PTBA membentuk bearish harami pattern yang mengindikasikan pelemahan masih akan berlanjut dalam perdagangan sesi II. Saham PTBA mencoba menguat terbatas menuju level 4.100 namun tidak akan melampui MA20 sebagai resistance terdekat. Diperkirakan saham ini akan diperdagangkan dalam range 3.960 – 4.050.

Saham PTBA Berisiko Melemah

Sumber: Bloomberg

*) Anida ul Masruroh, analis Bisnis Indonesia Resources Center

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper