Prediksi IHSG Rabu 27-02-2019, Penguatan Indeks Berlanjut?

Indeks harga saham gabungan diprediksi melanjutkan penguatann yang terjadi pada penutupan perdagangan Selasa (26/2/2019).
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 26 Februari 2019  |  22:11 WIB
Prediksi IHSG Rabu 27-02-2019, Penguatan Indeks Berlanjut?
Karyawan beraktivitas di dekat papan penunjuk pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Jakarta, Senin (4/2/2019). - Bisnis/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA — Indeks harga saham gabungan diprediksi melanjutkan penguatann yang terjadi pada penutupan perdagangan Selasa (26/2/2019).

Berdasarkan data Bloomberg, IHSG ditutup menguat 0,24% atau 15,59 poin di level 6.540,95 dari level penutupan perdagangan sebelumnya. Pada perdagangan Senin (25/2), IHSG berakhir di level 6.525,36 dengan penguatan 0,37% atau 23,98 poin.

Sektor konsumen dan finansial yang masing-masing naik 1,39% dan 0,44% berakhir di teritori positif sekaligus mendorong berlanjutnya penguatan IHSG.

Adapun tujuh sektor lainnya, dipimpin sektor pertanian (-1,43%) dan tambang (-1,37%), berakhir di zona merah serta membatasi besarnya kenaikan IHSG hari ini.

Lanjar Nafi, Equity Technical Analyst Reliance Sekuritas Indonesia menjelaskan bahwa sentimen dari retrubusi ekspor CPO dan terkoreksinya harga-harga tambang energi dan tambang logam menjadi katalis.

“Sedangkan sektor konsumen menjadi penopang pergerakan hingga mampu membalikan keadaan menjadi ke zona positif,” jelasnya.

Lanjar menjelaskan dalam riset hariannya, pergerakan IHSG bertahan diatas moving average MA5 dengan rebound pada MA20 indikasi cukup positif mencoba mencapai area resistance dan upper bollinger bands.

Meski demikian indikator stochastic terlihat terkonsolidasi pada area overbought dan momentum RSI yang masih bergerak positif mendekati jenuh beli.

“Sehingga diperkirakan IHSG masih akan bergerak mencoba menguat terbatas dengan support resistance 6.523-6.600,” ujarnya.

Sementara itu, Analis PT Indorsurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan bahwa pola pergerakan IHSG dalam jangka pendek masih berpeluang untuk melanjutkan konsolidasi wajar dan masih terlihat adanya proses akumulasi yang tentunya akan dapat kembali mendorong kenaikan IHSG hingga beberapa waktu mendatang.

Selain itu, ada faktor lain yang menunjang di antaranya adalah capital inflow yang masih tercatat secara year-to-date berpeluang untuk terus bertambah mengingat saat ini masih berada pada awal tahun dan masih dapat berkelanjutan, sehingga pada perdagangan hari ini IHSG berpotensi menguat.

Adapun saham yang direkomendas Indorsurya Bersinar Sekuritas untuk dapat dicermati di antaranya adalah BBNI, BJTM, PWON, SRIL, KAEF, KLBF, INDF, HMSP, BBCA.

Sementara saham yang direkomendasikan Reliance Sekuritas Indonesia adalah CPIN, BBTN, BMRI, BNLI, ASII, PTPP, BSDE, PWON, RALS.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
IHSG

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top