Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bahana TCW Bidik Dana Kelolaan Sebesar Rp50 Triliun

Bahana TCW Investment Management menargetkan dana kelolaan atau asset under management sebesar Rp50 triliun pada 2019.

Bisnis.com, JAKARTA – Bahana TCW Investment Management menargetkan dana kelolaan atau asset under management sebesar Rp50 triliun pada 2019.

Target tersebut meningkat 4%-5% jika dibandingkan dengan dana kelolaan pada 2018. Bahana TCW Investment Management akan bersikap konservatif dalam menargetkan pertumbuhan dana kelolaan pada tahun 2019, di tengah meredanya fluktuasi pasar finansial negara berkembang sejak awal tahun.

Presiden Direktur Bahana TCW Investment Management Edward Lubis mengatakan bahwa kondisi pasar finansial Indonesia pada 2019 masih harus menghadapi tantangan sepanjang triwulan I/2019 dan triwulan II/2019.

Dia menambahkan bahwa sentimen global yang telah mereda membuat arus modal asing mulai kembali masuk ke negara berkembang, termasuk Indonesia.

“Pasar finansial Indonesia memang jauh lebih baik dibandingkan 2018 lalu. Namun, ada persepsi investor yang masih enggan untuk menempatkan investasi di pasar saham dan obligasi karena menunggu perkembangan pasar. Perlu waktu untuk membangun optimisme investor kembali. Sehingga Bahana memproyeksikan pertumbuhan yang konservatif pada tahun ini,” ujarnya di Jakarta, Selasa (29/1/2019).

Di tempat yang sama, Direktur Strategi Investasi dan Kepala Makroekonom Bahana TCW Investment Management Budi Hikmat menyatakan bahwa fundamental ekonomi Indonesia masih belum sepenuhnya aman dari sentimen global.

Penguatan pasar finansial saat ini masih ditopang dari modal asing yang masuk dan juga penurunan harga minyak.

Di sisi lain, indikator penguatan daya beli belum meyakinkan. Neraca dagang yang anjlok pada tahun lalu cenderung menekan pertumbuhan daya beli yang terkonfirmasi melalui perlambatan pertumbuhan uang M1.

“Dengan penurunan harga minyak bumi yang lebih dalam ketimbang harga CPO, batu-bara dan karet, membuat perbaikan sejauh ini ibarat tidak perlu merogoh kocek lebih dalam. Namun isi dompet belum bertambah. Itu sebabnya pemerintah harus memacu perbaikar struktur perdagangan internasional untuk memacu ekspor produk manufaktur dan barang jadi bukan komoditas primer yang booming cycle sudah usai,” papar Budi.

Sekedar informasi, sepanjang 2018 lalu, Bahana telah meluncurkan 28 produk reksa dana baru, meliputi 26 produk reksa dana terproteksi, l reksa dana pendapatan tetap, dan 1 reksa dana pasar uang.

Pada akhir 2018, total dana kelolaan asset under management (AUM) cenderung stagnan sejak awal tahun 2018 lalu.

“Kondisi pasar yang fluktuasi menyebabkan banyak investor yang mengalihkan asetnya dari reksa dana pendapatan tetap dan saham ke reksa dana Terproteksi dan pasar uang. Oleh karena itu, kami terns menghadirkan produk-produk baru pada kelas aset tersebut untuk memenuhi kebutuhan para investor,” jelasnya.

Sementara itu, pertumbuhan investor retail selama tahun lalu naik tajam sebesar 76% , dari Rp5,2 triliun pada 2017 menjadi Rp9,15 triliun pada tahun 2018.

“Kami terus berusaha menumbuhkan jumlah investor retail kami, dengan bekerja sama dengan para agen penjual reksa dana seperti perbankan dan digital market place,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper