Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

ASET INVESTASI AMAN: Pilih Emas, Dolar AS atau Yen?

Di antara tiga aset investasi aman, yaitu yen Jepang, dolar Amerika Serikat (AS), dan emas, ternyata logam mulia menjadi yang paling diminati oleh investor dalam 6 bulan terakhir, tecermin dari pergerakannya yang memimpin penguatan di antara aset investasi aman lainnya.
Finna U. Ulfah
Finna U. Ulfah - Bisnis.com 22 Januari 2019  |  22:06 WIB
World Economic Forum - Istimewa
World Economic Forum - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Di antara tiga aset investasi aman, yaitu yen Jepang, dolar Amerika Serikat (AS), dan emas, ternyata logam mulia menjadi yang paling diminati oleh investor dalam 6 bulan terakhir, tecermin dari pergerakannya yang memimpin penguatan di antara aset investasi aman lainnya.

Berdasarkan data Bloomberg, dalam periode 6 bulan terakhir, emas memimpin penguatan dengan berhasil mencetak pergerakan positif sebesar 4,6%.

Sementara itu, dolar AS bergerak positif hanya naik 1,91%, sedangkan posisi terakhir, yaitu yen Jepang hanya berhasil menguat 1,76% sepanjang 6 bulan terakhir.

Adapun, dalam periode 6 bulan terakhir, bursa komoditas dibayangi oleh kekhawatiran pasar terkait dengan melambatnya pertumbuhan ekonomi global akibat perang dagang antara AS dan China yang semakin melemahkan pertumbuhan ekonomi Negeri Panda.

Selain itu, dalam periode tersebut pasar juga dibayangi ketidakpastian Brexit sehingga gejolak geopolitik tersebut memberikan tekanan harga pada sebagian besar komoditas dan aset investasi aman menjadi semakin menarik bagi sebagian investor.

Memasuki awal tahun, dengan mayoritas harga komoditas berhasil berbalik positif, perlahan aset investasi aman juga ikut bergerak, meskipun volatile.

Sinyal perlambatan ekonomi global menguat seiring dengan laporan International Moneter Fund yang memangkas perkiraan pertumbuhan ekonomi global pada 2019—2020.

Oleh karena itu, permintaan aset investasi aman pun disinyalir semakin menguat. Posisi gerakan yang terkuat pun berubah pada awal tahun.

Secara year to date (ytd), yen Jepang berhasil memimpin penguatan, di antara ketiga aset investasi aman tersebut. Hanya mata uang Negeri Sakura yang mencetak pergerakan di zona hijau, yaitu menguat 0,247% (ytd).

Pada perdagangan hari ini, Selasa (22/1/2019) pukul 14.53 WIB, yen menguat 0,228% terhadap dolar AS atau naik 0,24 poin menjadi 109,42 yen per dolar AS.

Adapun, emas, pada perdagangan, hari ini, Selasa (22/1/2019) pukul 14.52 WIB, harga emas di bursa spot bergerak menguat tipis 0,02% atau naik 0,29 poin menjadi US$1.280 per troy ounce.

Sementara itu, pada perdagangan hari ini, Senin (22/1/2019) pukul 14.44 WIB, indeks dolar AS yang mengukur kekuatan greenback dihadapan sejumlah mata uang lainnya telah menguat 0,11% atau naik 0,104 poin menjadi 96,440.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi komoditas
Editor : Gajah Kusumo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top