Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rupiah Diprediksi Menguat ke Kisaran 14.000 pada Kuartal I/2019

London Capital Group memprediksi nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS pada kuartal pertama tahun 2019 akan berada di kisaran Rp14.000 per dolar AS.
Head of Research London Capital Group, Jaspper Lawler/ist
Head of Research London Capital Group, Jaspper Lawler/ist

Bisnis.com, JAKARTA - London Capital Group memprediksi nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS pada kuartal pertama tahun 2019 akan berada di kisaran Rp14.000 per dolar AS.

Prediksi itu disampaikan oleh Head of Research dari London Capital Group, Jaspper Lawler. Jaspper mengemukakan menjelang Natal dan pergantian tahun, sangat sulit untuk menentukan waktu yang tepat di pasar pada saat ini. Namun secara fundamental pasar telah meningkat secara artifisial lantaran suku bunga global yang lebih rendah.

"Pasar telah ditopang oleh easy money dan siap untuk koreksi substansial ketika suku bunga naik, atau saat ini, kemudian setelah leg berikutnya yang lebih tinggi," katanya dalam pernyataan pers yang diterima Bisnis, Senin (17/12/2018).

Jaspper menjelaskan secara ekonomi Indonesia akan merasakan sisi positif dari perang dagang antara Amerika Serikat dan China.

Sebagai negara yang berorientasi ekspor, Indonesia dapat memperoleh beberapa pasar impor AS dari China di mana barang-barang sekarang lebih mahal karena tarif.

"Namun, jika perang dagang ini meningkat secara serius, yang mana menurut kami mungkin terjadi, maka itu dapat berdampak negatif terhadap Indonesia melalui perlambatan arus investasi global".

Jaspper menambahkan kekacauan Brexit memperkuat salah satu ketakutan terbesar Wall Street yakni memperlambat pertumbuhan global. Jerman dan Jepang sudah dalam kontraksi ekonomi, sementara ekonomi China tengah menderita akibat gelombang tarif.

"Tapi hal tersebut menjadi menarik bagi pasar saham dan berbagai instrumen didalamnya. Ini merupakan waktu yang tepat untuk menyusun strategi jangka pendek dan menengah," katanya.

London Capital Group LCG Group memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun di industri trading, salah satu penyedia CFD (contract for difference) terdepan di dunia. LCG Group berkomitmen mempersembahkan harga kompetitif, teknologi canggih, dan layanan profesional kepada segala tipe trader.

Dalam 20 tahun sejarahnya, LCG telah mencapai sejumlah tonggak penting dan berkembang dari sebuah perusahaan trading kecil menjadi pemain global yang diakui dunia. LCG Group terdaftar secara publik di London.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yusran Yunus
Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper