Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OJK dan BNP Paribas Investment Gelar Edukasi Keuangan Bagi UMKM Kerajinan Batik

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama BNP Paribas Investment Partners (BNP Paribas IP) menggelar edukasi keuangan bagi 300 pelaku usaha mikro kecil dan menengah kerajinan batik.
Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Sarjito (kedua kiri), Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Pekalongan Munafah Asip Kholbihi,  dan Presiden Direktur PT BNP Paribas Investment Partners Vivian Secakusuma menggunakan batik Pekalongan di Edukasi Keuangan Bagi UMKM Kerajinan Batik, Kamis (1/11/2018)./Bisnis-Novita Sari Simamora
Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Sarjito (kedua kiri), Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Pekalongan Munafah Asip Kholbihi, dan Presiden Direktur PT BNP Paribas Investment Partners Vivian Secakusuma menggunakan batik Pekalongan di Edukasi Keuangan Bagi UMKM Kerajinan Batik, Kamis (1/11/2018)./Bisnis-Novita Sari Simamora

Bisnis.com, PEKALONGAN—Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama BNP Paribas Investment Partners (BNP Paribas IP) menggelar edukasi keuangan bagi 300 pelaku usaha mikro kecil dan menengah kerajinan batik.

Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan Sarjito mengatakan, edukasi keuangan diberikan kepada ibu-ibu pengrajin batik karena para perempuan selalu menjaga pengelola keuangan di keluarga. Menurutnya, saat ini kelompok ibu-ibu rumah tangga hanya mengatur keuangan secara mengalir dan tak melakukan investasi.

“Menabung tidak membuat ibu-ibu menjadi kaya. Sebab banyak investasi di pasar modal yang tidak membutuhkan modal awal yang besar,” ungkapnya dalam acara Edukasi Keuangan Bagi UMKM Kerajinan Batik di Pekalongan, Kamis (1/11/2018).

Di hadapan pengrajin batik, dia mengatakan, jangan sampai pengrajin batik hanya tetap menjadi kuli hingga tua. Namun, dana yang diperoleh secara mingguan ataupun bulanan bisa digunakan untuk membentuk usaha atau menjadi pelaku UMKM.

Presiden Direktur PT BNP Paribas Investment Partners Vivian Secakusuma mengaku senang dapat berpartisipasi dalam program berbagi pengetahuan mengenai literasi keuangan, khususnya tentang investasi reksa dana, kepada 300 anggota komunitas pengrajin batik di Pekalongan.

Vivian mengatakan, edukasi ini sejalan dengan kampanye #AkuBisaInvestasi. Dia juga mengatakan, BNP Paribas juga bertujuan untuk memperluas basis investor dari berbagai kelompok masyarakat, termasuk ibu rumah tangga, pengusaha UMKM, bahkan mereka yang belum memiliki rekening bank.

Dia menuturkan, BNP Paribas memiliki kepedulian yang besar terhadap potensi perempuan Indonesia sebagai pelaku investor reksa dana, yang mana sebagian besar pengrajin dan pengusaha batik di Pekalongan adalah perempuan. Dia mengatakan, dalam berinvestasi memiliki risiko dan investor harus memahami perencanaan investasi.

Sebab, tanpa disadari, semua masyarakat berhadapan dengan inflasi saat mengelola keuangan pribadi maupun keluarga. Menurutnya, ketidakpahaman ini bisa menjadi penyebab lebih dari 60% pensiunan di Indonesia masih menggantungkan masa pensiunnya pada anak dan keluarga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper