Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Transaksi Broker Saham Kuartal I Naik 30 Persen

Transaksi broker sepanjang kuartal I/2018 naik hingga 30,42% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, seiring dengan maraknya aksi ambil untung yang dilakukan investor asing.

Bisnis.com, JAKARTA — Transaksi broker sepanjang kuartal I/2018 naik hingga 30,42% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, seiring dengan maraknya aksi ambil untung yang dilakukan investor asing.

Berdasarkan data Bloomberg, sepanjang kuartal I/2018 total nilai transaksi broker saham tercatat Rp1.123,72 triliun atau melesat 30,42% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, yakni senilai Rp861,47 triliun.

Credit Suisse Securities masih menjadi broker teratas dengan gross value mencapai Rp77,96 triliun pada 3 bulan pertama tahun ini, disusul anak usaha pelat merah Mandiri Sekuritas dengan nilai transaksi Rp57,46 triliun di posisi kedua.

Menempati peringkat ketiga adalah Mirae Asset Sekuritas dengan nilai transaksi Rp55,59 triliun, kemudian Citigroup Securitas mencapai Rp46,73 triliun, serta CIMB Securities Indonesia di posisi kelima dengan raihan Rp43,2 triliun.

Posisi keenam masih ditempati broker asing, yakni Morgan Stanley Indonesia dengan nilai transaksi Rp42,90 triliun dan UBS Securities Indonesia dengan nilai transaksi Rp38,66 triliun bertengger di posisi ketujuh.

Adapun, saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (TLKM) menjadi saham yang paling banyak diperdagangkan. Data Bloomberg tersebut menunjukkan, lima sekuritas dengan transaksi tertinggi mentransaksikan saham perusahaan pelat merah ini.

Saham yang laris berikutnya berasal dari sektor perbankan, yakni PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) dan PT bank Central Asia Tbk. (BBCA), dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Tegar Arief
Editor : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper