Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

British Petroleum: Gas Akan Salip Minyak Pada 2040

British Petroleum (BP) memperkirakan gas akan menyalip minyak sebagai sumber energi utama dunia pada 2040. Perkiraan ini disampaikan oleh Vice President for Strategic Planning BP Dominic Emery, baru-baru ini, yang melihat pertumbuhan bahan bakar fosil yang paling tidak berpolusi akan lebih tinggi ke depannya.
Pipa gas./Antara
Pipa gas./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – British Petroleum (BP) memperkirakan gas akan menyalip minyak sebagai sumber energi utama dunia pada 2040.

Perkiraan ini disampaikan oleh Vice President for Strategic Planning BP Dominic Emery, baru-baru ini, yang melihat pertumbuhan bahan bakar fosil yang paling tidak berpolusi akan lebih tinggi ke depannya.

“Kami melihat [gas] mengambil alih batu bara pada awal 2030. Kami pikir ada kasus yang sangat bagus untuk gas yang benar-benar menyalip minyak pada 2040, atau bahkan sebelum 2040,” katanya seperti dilansir dari Reuters, Kamis (1/2/2018).

Emery menyoroti perkiraan pertumbuhan permintaan gas di China sekitar 15% secara year-on-year (yoy) pada tahun lalu dan memperkirakan permintaan gas secara keseluruhan akan tumbuh sekitar 1,6% per tahun selama beberapa tahun ke depan, dibandingkan minyak yang hanya tumbuh 0,8%.

“Kami melihat peluang yang sangat kuat bahwa gas akan menjadi sumber energi primer terbesar ke depannya. Tidak hanya gas alam, tapi juga biogas, biometana, dan Power-to-Gas (P2G),” lanjutnya.

Pangsa pasar minyak dunia diperkirakan bakal menyusut menjadi 30% dari sekitar 33% pada 2035. Adapun pangsa pasar gas diproyeksi meningkat dari di bawah 20% menjadi lebih dari 20%. 

Perusahaan migas yang berbasis di London, Inggris ini akan mengungkapkan rincian lebih lanjut terkait outlook energi pada 20 Februari 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Eva Rianti
Editor : Annisa Margrit

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper