Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Faktor Domestik Mendominasi, Shanghai Composite Menguat Tipis

Indeks Shanghai Composite ditutup menguat tipis 0,08% atau 2,57 poin ke level 3.365,23, sedangkan indeks CSI 300 ditutup melemah 0,21% atau 8,17 poin ke level 3.834,54.
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham China hanya bergerak tipis pada akhir perdagangan hari ini, Selasa (29/8/2017).

Tidak seperti bursa lain di Asia, sebagian besar investor di China tidak terpengaruh oleh peluncuran rudal Korea Utara di atas wilayah Jepang. Pasar saham China sebagian besar didorong oleh faktor domestik.

Indeks Shanghai Composite ditutup menguat tipis 0,08% atau 2,57 poin ke level 3.365,23, sedangkan indeks CSI 300  ditutup melemah 0,21% atau 8,17 poin ke level 3.834,54.

Setelah dua sesi mencatatkan penguatan yang solid, sebagian investor melakukan aksi profit taking hari ini. Sebagian besar sektor hampir tidak bergerak, dengan pelemahan yang didorong oleh sektor real estat.

Investor menunggu lebih banyak laporan keuangan emiten yang dijadwalkan rilis akhir bulan ini serta data sektor manufaktur dan jasa China.

"Ada peningkatan di sektor-sektor tertentu seperti baja, batu bara dan logam non-besi, berkat reformasi dari sisi penawaran," kata manajer hedge fund yang berbasis di Shanghai, David Dai, seperti dikutip Reuters, Selasa (29/8/2017).

Pasar saham juga mendapat dukungan dari tanda-tanda bahwa pemerintah mempercepat laju reformasi untuk badan usaha milik negara (BUMN).

Sebelumnya, pemerintah China mengumumkan bahwa emiten batu bara Shenhua Group Corp Ltd akan mengakuisisi China Guodian Group Corp, salah satu dari lima produsen listrik negara terbesar, senilai US$278 miliar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper