Indeks Shanghai Composite Sentuh Level Tertinggi 20 Bulan

Bursa saham China menguat ke level tertinggi 20 bulan pada perdagangan Senin, (28/8/2017), didorong oleh saham finansial dan serentetan laporan keuangan BUMN sektor industri yang di atas ekspektasi.
Aprianto Cahyo Nugroho | 28 Agustus 2017 15:42 WIB
Bursa China SHCI - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham China menguat ke level tertinggi 20 bulan pada perdagangan Senin, (28/8/2017), didorong oleh saham finansial.

Indeks Shanghai Composite ditutup menguat 0,93% atau 31,13 poin ke level 3.362,65, sedangkan indeks CSI 300 ditutup naik 1,24% atau 46,96 poin ke level 3.842,71.

Sentimen gerak indeks juga didukung oleh tanda-tanda bahwa pemerintah China meningkatkan usaha untuk merestrukturisasi perusahaan BUMN dengan membukan keran investasi publik dan swasta di sektor yang telah lama tertutup.

Bursa saham China telah berjuang untuk membuat kemajuan sejak pemerintah melakukan penyelamatan besar-besaran pada akhir 2015. Namun para investor mengatakan prospek keuntungan berkelanjutan sekarang bisa memancing banyak investor kembali.

Sektor finansial memimpin kenaikan, dengan saham broker melonjak hingga 6% di tengah ekspektasi bahwa mereka akan menjadi penerima manfaat terbesar dari pemulihan pasar saham.

"Lonjakan saham broker berarti menekankan adanya tren kenaikan pasar yang luas," kata Yang Delong, kepala ekonom First Seafront Fund Management Co, seperti dikutip Reuters.

"Level 3.300 sekarang menjadi target investor. Kami sudah berada di pasar bullish, meski masih bergerak lamban," lanjutnya

Sementara itu, data menunjukkan laba perusahaan industri di China naik 16,5% pada Juli dari tahun sebelumnya. Meski lajunya turun dari bulan Juni, laba pada Januari-Juli melonjak 21,2%.

Tag : bursa china
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top