BURSA CHINA: Indeks Shanghai Composite Ditutup Melemah 0,15%

Bursa saham China ditutup melemah pada Rabu, (16/8/2017) karena sentimen investor dirusak kekhawatiran melemahnya pertumbuhan ekonomi.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 16 Agustus 2017  |  15:57 WIB
BURSA CHINA: Indeks Shanghai Composite Ditutup Melemah 0,15%
Ilustrasi - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham China ditutup melemah pada Rabu, (16/8/2017) karena sentimen investor dirusak kekhawatiran melemahnya pertumbuhan ekonomi.

Indeks Shanghai Composite ditutup melemah 0,15% atau 4,81 poin ke level 3.246,45, sedangkan indeks CSI 300 ditutup melemah 0,13% atau 4,64 poin ke level 3.701,42.

Dilansir Reuters, jumlah pinjaman baru China pada bulan Juli turun ke level terendah dalam 8 bulan terakhir, memperkuat pandangan bahwa aktivitas ekonomi akan melambat pada semester kedua.

Namun, dengan luasnya konsensus yang menunjukkan perlambatan ekonomi secara bertahap dan bukan perlambatan tajam, beberapa pengamat pasar mengatakan kekhawatiran atas melemahnya pertumbuhan ekonomi tidak menyebabkan tekanan jual yang tinggi.

"Data yang menunjukkan perlambatan ini terkait dengan hasil kebijakan makro pemerintah, namun ini tidak berarti pesimisme," kata Bo Huang, analis di Guotai Junan Securities, seperti dikutip Reuters.

Namun, pesimisme tersebut hanya sedikit mempengaruhi sektor teknologi, yang telah membantu mendorong indeks CSI300 menguat 1,3% pada Senin. Sembilan saham berkinerja terbaik pada indeks CSI300 adalah perusahaan teknologi.

Wangsu Science & Technology Co., yang menyediakan layanan pengiriman data dan data center, ditutup menguat 6,8%. Perusahaan perangkat lunak pengenal suara iFlytek Co Ltd ditutup menguat 5,8% setelah hampir menyentuh level tertinggi sejak Mei 2015..

Meskipun ada penguatan sektor teknologi, sektor bahan baku dan sektor kesehatan membebani indeks pada perdagangan hari ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bursa china

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top