Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Ini Analis Saham Bahas Bahas Dampak Hasil Pertemuan the Fed

Ekonomi AS yang memperlihatkan penguatan memberikan dasar yang kuat bagi the Fed untuk menaikkan suku bunga pada pertemuan 13 Desember 2016-14 Desember 2016 mendatang.
The Fed/Reuters
The Fed/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA— Ekonomi AS yang memperlihatkan penguatan memberikan dasar yang kuat bagi the Fed untuk menaikkan suku bunga pada pertemuan 13 Desember 2016-14 Desember 2016 mendatang.

Adapun, minutes dari federal open market committee (FOMC) meeting awal bulan ini yang dirilis kemarin (23/11) mengindikasikan bahwa mayoritas pejabat Fed yakin kenaikan suku bunga menjadi relatif segera dilakukan jika data yang dirilis terus menunjukkan peningkatan ekonomi AS.

Ekspektasi pasar terhadap kenaikan suku bunga oleh Fed pada pertemuan bulan depan telah meningkat sejak pemilu presiden AS, seiring data ekonomi AS yang membaik serta harapan bahwa presiden terpilih akan mendorong stimulus fiskal.

Hal ini mendorong penguatan dolar AS dan menjadi sentimen negatif bagi emerging market termasuk Indonesia. Outflow dana berpotensi berlanjut hingga investor melihat kejelasan terhadap kebijakan yang diambil Donald Trump dalam pemilu presiden.

Foreign outflow di pasar saham dan obligasi domestik masing-masing mencapai Rp8,57 triliun dan Rp16,91 triliun sepanjang bulan ini. Sementara yield obligasi 10 tahun pemerintah kemarin menyentuh level 8,05%, tertinggi dalam hampir 9 bulan terakhir,” papar riset HP Financials yang diterima, Kamis (24/11/2016).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper