Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SMI Diganjar Peringkat BBB_

Lembaga pemeringkat Fitch Ratings menyematkan peringkat BBB- dengan prospek stabil untuk PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero).

Bisnis.com, JAKARTA -- Lembaga pemeringkat Fitch Ratings menyematkan peringkat BBB- dengan prospek stabil untuk PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero).

Berdasarkan publikasi Fitch,  Rabu (12/10/2016), peringkat internasional SMI mencerminkan ekspektasi lembaga pemeringkat terhadap sokongan pemerintah terhadap SMI. Peringkat surat utang SMI juga setara dengan peringkat surat utang pemerintah Republik indonesia. 

Sejak 2009, pemerintah memang telah mendukung ekspansi SMI. Tahun lalu, SMI disuntik modal dalam bentuk transfer aset dari Pusat Investasi Pemerintah sebesar Rp20 triliun, sebanyak Rp2 triliun diataranya dalam bentuk tunai. Fitch mengestimasi Kementerian Keuangan akan kembali menyuntik modal sebanyak Rp4,16 triliun di akhir 2016.

"Suntikan modal tiap tahun mencerminkan komitmen untuk mempercepat pembangunan infrastruktur lewat berbagai skema pembiayaan," jelas Fitch.

Pembiayaan infrastruktur yang disalurkan SMI terbilang pesat. Tahun lalu, total pembiayaan yang disalurkan mencapai Rp19,7 triliun, meningkat hampir tiga kali lipat dibandingkan dengan posisi 2014 sebanyak Rp6,6 triliun.

Peningkatan tersebut sebagian besar memang disumbang dari transfer aset PIP. Sementara itu, SMI memproyeksi pembiayaan akan meningkat hingga sekitar Rp103 triliun di akhir 2021 mendatang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rivki Maulana
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper