Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anak ABM Investama Garap PLTG di Banglades 78,5 Megawatt

Anak usaha PT ABM Investama Tbk. (ABMM), PT Sumberdaya Sewatama menggarap pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) di Banglades dengan kapasitas 78,5 Megawatt.
Sumberdaya Sewatama menggarap PLTG di Banglades/ilustrasi
Sumberdaya Sewatama menggarap PLTG di Banglades/ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA--Anak usaha PT ABM Investama Tbk. (ABMM), PT Sumberdaya Sewatama menggarap pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) di Banglades dengan kapasitas 78,5 Megawatt.

Sumberdaya Sewatama meneken kontrak kerjasama dengan Max Power Ltd., Banglades untuk pengoperasian jangka waktu 5 tahun. Penandatanganan dilakukan oleh Sunil Jain, CEO Max Power Banglades dan Mustofa Kamal Zulkarnain, COO Operation & Maintenance (O&M) Business PT Sumberdaya Sewatama didampingi oleh Takahasi Nagai dari IHI sebagai mitra LTSA Perseroan di Ghorashal, Banglades

“Dalam kontrak kerjasama ini, kami akan mengoperasikan dan melakukan pemeliharaan PLTG milik Max Power selama 5 tahun hingga 2021,” ujar Mustofa Kamal Zulkarnain, Kamis (23/6/2016).

Max Power Banglades merupakan perusahaan yang bergerak di bisnis infrastruktur, mulai pembangunan jalur kereta api hingga pembangkit listrik. Perusahaan ini sudah berdiri sejak 1983.

Sejak 2012, divisi O&M Sewatama sudah menangani PLTG berkapasitas 110 MW di Gunung Megang dan PLTG Borang berkapasitas 60 MW di Sumatra Selatan. Selain itu juga menangani sejumlah Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) di pelosok Tanah Air.

Divisi ini juga sudah mengoperasikan dan melakukan perawatan Pembangkit Listrik Tenaga Uap berbahan bakar batubara di Aceh yang dimiliki PT Energi Alamraya Semesta (EAS) dengan kapasitas 15 MW.

“Kami juga mengoperasikan beberapa PLTD di pelosok negeri. Beberapa di antaranya PLTD di Wasior dan Bovend Digoel, keduanya di Papua. Adanya kontrak baru ini menambah keyakinan kami bahwa Perseroan terbukti mampu mencetak generasi Indonesia unggul yang dapat bersaing dalam kancah internasional dan kami sangat bersyukur,” tuturnya.

Atas proyek ini, Yovie Priadi, Direktur Utama PT Sumberdaya Sewatama yakin Perseroan bisa terus berkembang di masa mendatang. “Hal ini sesuai dengan strategi Perseroan yang sudah dicanangkan sejak beberapa tahun belakangan, yaitu mengembangkan bisnis ketenagalistrikan secara menyeluruh bukan hanya di satu lini bisnis saja,” ujarnya.

Oleh karena itu, secara perlahan Perseroan mulai mewujudkan sejumlah strategi tersebut. “Salah satu langkah yang sudah kami lakukan dengan merealisasikan sejumlah proyek ketenagalistrikan di luar bisnis temporay power. Yaitu pengembangan bisnis operation & maintenance dan mewujudkan pembangkit listrik dari tenaga baru terbarukan,” ungkap Yovie.

Yovie melanjutkan, Sewatama juga mulai melirik industri listrik di luar Indonesia. Sebelumnya, Sewatama sudah mengoperasikan pembangkit listrik di Thailand dan kini Banglades.

“Kami juga sedang mempelajari kemungkinan untuk masuk ke negara di kawasan Asia lain,” tambahnya. Dia menyebutkan, dengan adanya kontrak baru dengan perusahaan di luar Indonesia, bisa meningkatkan pendapatan Perseroan. Mengingat transaksi dilakukan dengan menggunakan kurs dollar AS.

Langkah lain yang dilakukan Perseroan, yaitu terus melanjutkan proyek pembangkitan tenaga listrik baik dari tenaga thermal seperti batubara, memperbanyak proyek berbasis clean energy, seperti gas maupun co-generation maupun dari energi baru terbarukan sebagai langkah diversifikasi menuju portofolio bisnis yang seimbang.

Hal ini sejalan dengan visi Perseroan yang akan menyeimbangkan lini bisnisnya. “Strategi kami untuk bisnis temporary power, akan tetap mempertahankan menjadi pemimpin pasar,” sebut Yovie.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper