Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LOKASI TUKAR UANG: Pelayanan BI Sumut di Lapangan Benteng

Bank Indonesia Perwakilan Sumatra Utara memindahkan penukaran uang pecahan kecil baru untuk masyarakat dari Lapangan Merdeka ke Lapangan Benteng, Kecamatan Medan Petisah
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters

Bisnis.com, MEDAN-Bank Indonesia Perwakilan Sumatra Utara memindahkan penukaran uang pecahan kecil baru untuk masyarakat dari Lapangan Merdeka ke Lapangan Benteng, Kecamatan Medan Petisah.

Kepala Divisi Sistem Pembayaran Bank Indonesia Sumut Darmadi Sudibyo mengatakan pemidahan mengingat lokasi Lapangan Benteng lebih luas dari lokasi sebelumnya. Selain itu, di Lapangan Benteng telah ada fasilitas bangku serta kanopi untuk menghindari penukar uang dari terik matahari.

Dia menuturkan untuk hari pertama telah ada 4 mobil dan 3 bank yang membantu masyarakat dalam penukaran uang baru. Namun, telah direncanakan dalam waktu dekat akan menjadi 11 bank yang terlibat dalam penukaran uang kecil.

“Hari pertama penukaran uang memang masih sepi, bisa jadi masyarakat belum banyak yang tahu, dengan perubahan tempat penukaran, karena tahun lalu dilakukan di Lapangan Merdeka," ungkapnya, Senin (13/6/2016).

Adapun syarat penukaran uang pecahan kecil yakni penukar uang menunjukkan KTP dan menukar uang maksimal Rp3,7 juta per hari untuk satu penukar. Sudibyo mengungkapkan pembatasan penukaran UPK dilakukan untuk antisipasi calo yang lakukan jasa penukaran uang menjelang Lebaran.

Berdasarkan pantauan di Lapangan Benteng, masih terlihat tiga mobil milik PT Bank Rakyat Indonesia (BRI), BRI Syariah da Bank Mestika serta dua mobil milik Bank Indonesia.

Selain untuk penukaran uang di Lapangan Benteng, katanya, masyarakat Sumut juga dapat langsung kepada bank tempat masyarakat menabung. Dia mengungkapkan BI telah menetapkan beberapa lokasi untuk memudahkan masyarakat menukar uang baru. Adapun waktu penukaran uang pecahan kecil dimulai pada 13 Juni-1 Juni 2016 dan dilakukan setiap hari kerja pada pukul 09.00--13.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper