Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BURSA JEPANG 30 MARET: Akan Terapkan Suku Bunga Negatif, Saham Perbankan Tekan Topix

Sektor otomotif dan perbankan menjadi sektor penekan utama diantara 33 kelompok industri yang tergabung dalam indeks Jepang Topix.

Bisnis.com, JAKARTA - Sektor otomotif dan perbankan menjadi sektor penekan utama diantara 33 kelompok industri yang tergabung dalam indeks Jepang Topix.

Sejumlah investor di Jepang meyakini bank akan mulai menerapkan suku bunga negatif bagi nasabah institusional, berdasarkan laporan Reuters pada Rabu.

Saham Mitsubishi UFJ Financial Group Inc jatuh 3,9% dan Mizuho Financial Group Inc turun 3,4%.

Penguatan bulanan pertama indeks Topix sejak November terhenti dengan Topix ditutup turun tajam 1,6% ke level 1.356,29 pada perdagangan Rabu (30/3/2016). Adapun Nikkei 225 Stock Average melemah 1,3% ke level 16.878,96.

Hal itu juga terjadi seiring dengan penguatan yen setelah Gubernur Federal Reserve Chair Janet Yellen menyatakan akan berhati-hati menaikkan suku bunga melihat masih adanya risiko pertumbuhan global.

"Pernyataan Yellen menunjukkan sikap dovish. Laju kenaikan suku bunga dua kali setahun kemungkinan tidak berubah, tetapi penaikan pada April sepertinya akan mundur. Penguatan yen juga akan dilihat sebagai hal negatif bagi pasar Jepang,ujar Chihiro Ohta, General Manager of Investment Information SMBC Nikko Securities Inc, seperti dikutip Bloomberg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper