Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekspansi Terminal Peti Kemas, SMDR Siapkan Capex US$50 Juta

PT Samudera Indonesia Tbk menyiapkan dana belanja modal sebesar US$50 juta untuk anak usaha PT Samudera Terminal Indonesia (STI), sub holding yang menaungi bisnis terminal peti kemas perseroan.
Peti kemas/Ilustrasi-Bisnis
Peti kemas/Ilustrasi-Bisnis
Bisnis.com, JAKARTA - PT Samudera Indonesia Tbk menyiapkan dana belanja modal sebesar US$50 juta untuk anak usaha PT Samudera Terminal Indonesia (STI), sub holding yang menaungi bisnis terminal peti kemas perseroan.
 
Komisaris Samudera Indonesia, Bani Mulia, mengatakan jumlah tersebut akan digunakan STI untuk ekspansi pembukaan terminal baru. "Dari yang dikaji mungkin bisa 5 lokasi, minimal tahun ini kami bisa buka [terminal baru] di satu lokasi," ujarnya kepada Bisnis.com, Selasa (26/1/2015).
 
Di mengatakan, perusahaan berkode emiten SMDR itu tengah membidik lokasi dengan klasifikasi kota lapis kedua. Sebelumnya, Bisnis mencatat, Dumai, Pontianak, dan Batam, dan Balikpapan-kota yang dibidik SMDR sebaga lokasi pembangunan terminal baru.
 
Bani menyebut, kapasitas terminal baru yang akan dibangun sama dengan kapasitas terminal peti kemas perseron di Palaran, Samarinda. Adapun, total kapasitas terminal peti kemas Palaran mencapai 230.000 TEUs dan akan ditingkatkan menjadi 330.000 TEUs.
 
Dia menerangkan, investasi pembangunan terminal baru diperkirakan mencapai Rp500 miliar. Angka tersebut meruparkan taksiran berdasarkan investasi yang sudah digelontorkan perseroan dalam membangun terminal baru.
 
Selain di Palaran, saat ini, SMDR mengoperasikan tiga terminal di Tanjung Priok, Jakarta. Secara keseluruhan, sudah ada lima perusahaan pengelola terminal yang bernaung di bawah STI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rivki Maulana

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper