Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pabrik Milik Taipan Eka Tjipta Terbakar di Belawan Medan

Pabrik perusahaan milik taipan Eka Tjipta Widjaya, PT Sinar Mas Agro Resources & Technology Tbk. (SMAR), terbakar di Jalan Balmerah Baru III Belawan II, Medan, Sumatra Utara.
sinarmas group
sinarmas group

Bisnis.com, SURABAYA - Pabrik perusahaan milik taipan Eka Tjipta Widjaya, PT Sinar Mas Agro Resources & Technology Tbk. (SMAR), terbakar di Jl. Balmerah Baru III Belawan II, Medan, Sumatra Utara.

Jimmy Pramaono, Wakil Direktur Utama PT SMART Tbk., mengatakan musibah kebakaran terjadi di salah satu fasilitas produksi hilir perseroan yang berlokasi di Medan.

"Kebakaran terjadi pada Senin (13/7/2015) sekitar pukul 18:50 WIB," ujarnya dalam keterbukaan informasi yang dikutip Kamis (16/7/2015).

Dia mengatakan fasilitas yang terkena dampak kebakaran tersebut adalah fasilitas pemrosesan margarin dan shortening, fasilitas filling dan pengemasan. Serta, sebagian gudang jadi yang berdampingan dengan fasilitas pemrosesan.

Fasilitas produksi lainnya seperti rafinasi, fraksinasi, pemrosesan cocoa butter substitute, fasilitas pengolahan inti sawit, serta gudang barang jadi lainnya tidak terbakar dan dapat berfungsi secara normal.

Dia mengatakan, tidak terjadi korban jiwa maupun korban terluka dalam peristiwa tersebut. Saat ini, penyebab pasti dari kebakaran tersebut sedang dalam proses investigasi dari pihak berwajib.

Manajemen perseroan sedang dalam proses penghitungan estimasi nilai kerugian yang timbul dari peristiwa tersebut. Aset yang terbakar tersebut telah dilindungi oleh asuransi kebakaran.

Berdasarkan data 2014, kontribusi pendapatan dari lini produksi yang terbakar tidak cukup besar. Kuantitas penjualan dari lini produksi yang terbakar kurang dari 1% dari total penjualan perseroan.

Perseroan, sambungnya, terus memproduksi margarin dan shortening serta minyak goreng bermerek dari pabrik SMART yang berlokasi di Marunda dan Surabaya, sehingga ketersediaan produk tetap terjamin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper