Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OPEC: Pasar Minyak Stabil Semester II/2015

Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) memperkirakan pasar minyak mulai stabil pada semester II/2015.
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, MANAMA – Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) memperkirakan pasar minyak mulai stabil pada semester II/2015.

Abdalla El Badri, Sekretaris Jenderal El Badri, mengatakan pasar minyak dunia akan kembali stabil setelah harga jatuh karena pasokan yang berlebih hingga 2 juta barel per hari.

“Semester II pasar minyak akan bangkit setelah keterpurukan permintaan pada 2014,” ujarnya seperti dilansir Bloomberg pada Senin (9/3).

El Badri juga menjelaskan keputusan Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) pada akhir tahun lalu yang memutuskan untuk tetap mempertahankan produksi, meskipun harga minyak sudah berada di level terendah.

“Kalau kami memangkas produksi pada akhir tahun lalu, maka kami akan kembali melakukannya pada awal dan pertengahan tahun ini. Kenapa? Karena produksi minyak di Amerika Serikat (AS) terus tumbuh,” ujarnya.

Dalam data Energy Information Adminitration (EIA) pekan lalu, pasokan minyak AS kembali naik sebesar 2,37% menjadi 444,4 juta barel, sedangkan untuk produksi minyak mingguan Negeri Paman Sam juga naik sebesar 0,42% menjadi 9,32 juta barel per hari.  

Pada perdagangan hari ini sampai pukul 14:14 WIB, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) turun 0,1% menjadi US$49,58 per dolar AS, sedangkan harga minyak Brent turun 0,47% menjadi US$59,45 per barel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Surya Rianto
Editor : Rustam Agus
Sumber : bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper