Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PASAR OBLIGASI KUARTAL IV/2014: Investor Lokal Kuasai 91% Obligasi Korporasi & Sukuk

Investor lokal menguasai porsi kepemilikan obligasi korporasi dan Sukuk sebesar 91% pada periode Oktober-Desember 2014.
Memantau layar obligasi/Bisnis
Memantau layar obligasi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA--Investor lokal menguasai porsi kepemilikan obligasi korporasi dan sukuk sebesar 91% pada periode Oktober-Desember 2014.

Berdasarkan data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) yang diterima Bisnis.com, Rabu (14/1/2016), disebutkan kepemilikan obligasi korporasi dan sukuk oleh investor lokal tidak berubah dibandingkan periode sebelumnya.

Dari sisi nilai, jumlah kepemilikan obligasi dan sukuk oleh investor lokal meningkat tipis sebesar Rp570 miliar. Namun, untuk kepemilikan asing dalam obligasi korporasi dan sukuk juga tidak mengalami perubahan sebesar 9%.

Secara nilai, kepemilikan obligasi korporasi dan sukuk meningkat menjadi Rp21,34 triliun pada kuartal IV/2014 dibandingkan dengan periode kuartal III/2014 yang mencapai Rp19,2 triliun.

Sementara itu, total nilai aset yang tercatat di C-BEST mengalami kenaikan 1,55% atau Rp48,7 triliun dari Rp3.149,34 triliun menjadi Rp3.198,07 triliun.

Salah satu faktor kenaikan total aset yang tercatatkan di KSEI dikarenakan adanya peningkatan nilai aset pada jenis Efek saham sebesar Rp34,86 triliun dan Medium Term Notes sebesar Rp3,40 triliun.

Total aset yang tercatat di KSEI tersebut masih didominasi oleh jenis Efek saham dengan total nilai sebesar Rp2.891,73 triliun atau sekitar 90% dari total nilai aset.

Kenaikan total nilai aset yang tercatat di KSEI tersebut, sejalan dengan pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) yang terus meningkat sejak periode I hingga periode IV Triwulanan tahun 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper