Tak Mampu Bayar Utang, Pefindo Turunkan Peringkat Indofarma

PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menurunkan rating PT Indofarma (Persero) Tbk. dan surat utang jangka menengah (medium term notes/MTN) I/2012 menjadi idBB dari sebelumnya idBB+.
Sukirno | 02 Desember 2014 19:13 WIB
Logo Indofarma. Peringkat diturunkan karena tak mampu bayar utang - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA--PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menurunkan rating PT Indofarma (Persero) Tbk. dan surat utang jangka menengah (medium term notes/MTN) I/2012 menjadi idBB dari sebelumnya idBB+.

Pefindo juga masih menempatkan peringkat perusahaan pada credit watch dengan implikasi negatif.

Analis Pefindo Anies Setyaningrum mengatakan pihaknya masih menyoroti likuiditas INAF atas tekanan refinancing MTN senilai Rp120 miliar yang akan jatuh tempo pada 20 Desember 2014. Manajemen INAF memang mengatakan pembayaran akan dilakukan dari dana tender pemerintah.

"Perusahaan juga tengah memproses penerbitan MTN II Rp160 miliar dan telah menandatangani memorandum of undertanding dengan pembeli siaga," katanya dalam keterangan resmi, Selasa (2/12/2014).

Dia menilai, proses tersebut masih belum selesai sehingga Pefindo masih memonitor realisasi pembayaran utang tersebut. Bila penerimaan pembayaran tidak terlaksana, tentu akan semakin menekan likuiditas INAF untuk membayar MTN jatuh tempo tersebut.

Tag : indofarma
Editor : Ismail Fahmi

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top