Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SEMEN BATURAJA (SMBR) Berharap Penaikan Harga BBM

Rencana penaikan harga bahan bakar minyak (BBM) diharapkan dapat segera terealisasi dan dialihkan kepada sektor infrastruktur agar mampu menggerakkan pertumbuhan kinerja emiten semen pelat merah.
ilustrasi/bisnis.com
ilustrasi/bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA--Rencana penaikan harga bahan bakar minyak (BBM) diharapkan dapat segera terealisasi dan dialihkan kepada sektor infrastruktur agar mampu menggerakkan pertumbuhan kinerja emiten semen pelat merah.

Sekretaris Perusahaan PT Semen Baturaja (Persero) Tbk. Zulfikri Subli mengatakan rencana pengalihan subsidi BBM ke sektor pembangunan infrastruktur dapat berdampak positif bagi kinerja perseroan. Rencananya, penaikan harga BBM akan dilakukan sebelum awal 2015.

Menurutnya, pengalihan subsidi BBM ke infrastruktur membuat permintaan semen akan meningkat pada tahun depan. Rencana pemerintah tersebut tentu akan menggenjot kinerja emiten berkode saham SMBR itu.

"Memang dampak terhadap masyarakat akan terjadi penurunan daya beli, tapi dalam jangka pendek. Proyek-proyek pemerintah tidak akan terpengaruh, jalan, infrastruktur, pelabuhan, pembangkit listrik akan semakin banyak," ungkapnya saat dihubungi Bisnis.com, Jumat (7/11/2014).

Melihat kondisi tersebut, emiten berkode saham SMBR itu akan meningkatkan target produksi dan penjualan pada 2015. Meski belum bersedia mengungkapkan jumlah target, dia memastikan pada 2015 akan lebih tinggi ketimbang tahun ini.

Sepanjang 2014, SMBR menargetkan dapat memproduksi dan menjual semen sebanyak 1,3 juta-1,4 juta ton. Target tersebut sedikit diturunkan dari awal tahun 1,5 juta ton.

Hingga kuartal III/2014, SMBR telah memproduksi semen sebanyak 853.000 ton atau sekitar 60,92% dari total target. Dia optimistis, target hingga akhir tahun dapat terealisasi seiring dengan dimulainya proyek-proyek pemerintah.

Per 30 September 2014, SMBR membukukan laba bersih Rp220,56 miliar, meningkat 8,95% dari tahun lalu Rp202,45 miliar. Sedangkan dari sisi pendapatan, SMBR meraih Rp816 miliar naik 2,77% dari sebelumnya Rp794 miliar.

Pada 2015, perseroan akan mengalokasikan belanja modal minimum separuh dari total kebutuhan pembangunan pabrik Semen Baturaja II. Pabrik yang akan dimulai pembangunan awal 2015 selama 2 tahun itu diperkirakan menelan dana investasi Rp2,9 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper