Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Piala Dunia 2014 Dimulai, Ini Pengaruhnya ke Bursa Saham

Tinggal menunggu hitungan jam, acara seremoni pembukaan Piala Dunia 2014 akan digelar di Sao Paulo.

Bisnis.com, JAKARTA— Tinggal menunggu hitungan jam, acara seremoni pembukaan Piala Dunia 2014 akan digelar di Sao Paulo.

Apakah dengan berlangsungnya Piala Dunia 2014 otomatis ikut meramaikan transaksi di pasar modal? Bagaimana pengaruh Piala Dunia terhadap pergerakan bursa dunia?

Analis MNC Securities Reza Gunawan menilai meriahnya Piala Dunia tidak berarti ikut mendorong semaraknya transaksi di pasar modal. Bahkan, lanjut dia, dengan berlangsungnya Piala Dunia, transaksi diprediksi lebih sepi dari biasanya.

Jika dilihat dari sejarah Piala Dunia tahun-tahun sebelumnya, transaksi pasar modal relatif sepi di AS, dan akan berdampak kepada pergerakan bursa saham lainnya yang kurang bergairah,” ujarnya saat dihubungi Bisnis.com, Kamis (12/6/2014).

Dia mengatakan hal tersebut terjadi seiring dengan potensi dana yang akan keluar dari pasar modal dan difokuskan untuk Piala Dunia.

Selain itu, dia juga memperkirakan banyak perusahaan besar yang memanfaatkan momentum ini untuk melepaskan saham dan mengambil keuntungan dari portofolio yang mereka miliki.

Akan banyak bandar-bandar yang mengalihkan dananya dari pasar modal. Dalam 3-4 hari terakhir ini saja, volume transaksi di AS sudah berkurang menjadi 5,75 miliar [saham] per hari dari 5,2 miliar [saham],” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper