Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bukit Asam (PTBA) Akuisisi 30% Ignite Energy

PT Bukit Asam (Persero) Tbk. (PTBA) berencana mengakuisisi 15%-30% Ignite Energy Resources Ltd., perusahaan batubara asal Victoria, Australia.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bukit Asam (Persero) Tbk. (PTBA) berencana mengakuisisi 15%-30% Ignite Energy Resources Ltd., perusahaan batubara asal Victoria, Australia.

Direktur Utama PTBA Milawarma mengatakan saat ini perusahaan tengah menyelesaikan tahap due dilligence terkait proyek eknologi pengolahan batubara kalori rendah untuk menjadi minyak mentah dan Plverized Coal Injection (PCI).

Dia mengharapkan due dilligence akan selesai dalam waktu 6 bulan dari sekarang.

"Setelah itu kita akan masuk ke sana sebagai pemegang saham atau partner. Memang untuk sementara kita tidak majority tapi yang jelas tujuannya biar kita ikut memiliki," katanya saat ditemui wartawan, Senin (19/5/2014).

Saat ini, kata Milawarma, perseroan memang masih mengkaji apakah akan ikut serta sebagai dalam pengembangan teknologinya, pengolahan sumber daya batubara Ignite, atau keduanya sekaligus. Sebagai informasi, Ignite EnergyResources memiliki cadangan batubara hingga 16,4 miliar ton.

Menurutnya pemerintah setempat sangat terbuka dan menyambut keikutsertaan PTBA, terutama dalam mengolah lahan tambang batubara milik Ignite. Pasalnya perseroan dianggap sudah mumpuni dan cukup berpengalaman dalam mengolah pertambangan.

Dia menambahkan saat ini Ignite sedang berusaha mengerek kapasitas pengolahan batubara menjadi minyak mentah dari 1 juta ton menjadi 8 juta ton. Adapun per 3 ton batubara dapat menghasilkam 1 barel minyak dan 0,6 ton PCI, bahan yang digunakan dalam produksi baja.

Lebih lanjut Milawarma menuturkan untuk menggenjot produksi tersebut diperlukan investasi sebesar US$500 juta. Namun, jumlah itu masih bisa berubah. Adapun porsi PTBA dalam pendanaan proyek itu juga akan ditentukan setelah due dilligence rampung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper