Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RUPIAH/US$ PEKAN INI: Diprediksi Menguat, Pasar Tunggu Data BPS

Trust Securities mengemukakan nilai tukar rupiah atas dolar Amerika Serikat berpotensi melanjutkan penguatannya
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis,com, JAKARTA- Trust Securities memprediksi nilai tukar rupiah atas dolar Amerika Serikat berpotensi melanjutkan penguatannya.

Kepala Riset Trust Securities Reza Priyambada mengatakan harapan akan masih menguatnya nilai tukar rupiah, dapat mengimbangi rilis data ekonomi dari luar Indonesia, yang belum sepenuhnya pulih.

“Pelaku pasar kemungkinan akan sedikit menahan diri jelang rilis data-data ekonomi Indonesia di awal pekan ini, yang sekaligus merupakan awal bulan (dikeluarkan BPS pada 1 April 2014),” kata Reza dalam risetnya.

Pekan lalu, ujarnya, laju rupiah mampu kembali mengalami kenaikan setelah dirilisnya penurunan indeks manufaktur China, karena memanfaatkan terapresiasinya yuan setelah salah satu pejabat memberikan komentarnya terkai kemungkinan pelonggaran moneter untuk mengantisipasi perlambatan ekonomi China.

Di sisi lain, tambahnya, sentimen positif juga datang dari respons terhadap kesiapan pemerintah dan Bank Indonesia dalam menghadapi kebijakan moneter bank sentral AS the Federal Reserve.

“Menguatnya beberapa mata uang emerging market yang terimbas terapresiasinya yuan meski ekonomi China dinilai masih dalam perlambatan, memberikan sentimen positif bagi penguatan lanjutan rupiah,” kata Reza.

Padahal yuan sempat melemah karena sentimen tersebut namun, dapat terangkat meski tipis  setelah PboC menaikkan reference rate yuan.

Reza mengatakan terapresiasinya rupiah juga didukung kenaikan rupee, seiring harapan positif  pemilu dan kenaikan poundsterling setelah BoE memberi sinyal potensi kenakan suku bunga.

Pergerakan rupiah/US$ pekan lalu        

Tanggal

Rp/US$

Jumat (28/3/2014)

11.361

Kamis (27/3/2014)

11.448

Rabu (26/3/2014)

11.413

Selasa (25/3/2014)

11.394

Senin (24/3/2014)

11.380

 Sumber: Bloomberg Dollar Index

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper