Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Astra Otoparts (AUTO) Revisi Belanja Modal Jadi Rp5 Triliun

PT Astra Otoparts Tbk. (AUTO) merevisi belanja modal (capital expenditure/capex) tahun ini dari rencana semula Rp6 triliun menjadi hanya Rp4,5 triliun-Rp5 triliun.
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA—PT Astra Otoparts Tbk. (AUTO) merevisi belanja modal (capital expenditure/capex) tahun ini dari rencana semula Rp6 triliun menjadi hanya Rp4,5 triliun hingga Rp5 triliun.

Direktur Keuangan Astra Otoparts Darmawan Widjaja menuturkan hal itu disebabkan ada sejumlah ekspansi perusahaan yang tertunda menjadi tahun depan.

“Rencana [belanja modal] semula memang Rp6 triliun, tetapi terkadang cash out tidak maksimal karena berbagai faktor,” katanya dalam paparan publik di sela-sela Investor Summit and Capital Market 2013 di Jakarta, Rabu (27/11/2013).

Pada tahun ini, perseroan merealisasikan sejumlah pengembangan usaha, seperti akuisisi 51% saham produsen velg kendaraan PT Pakoakuina senilai Rp700 miliar, pada April 2013.

Pada 3 Juli 2013, Astra Otoparts mengumumkan peningkatan produksi setir mobil menjadi 800.000 unit per tahun dan airbag menjadi 1,5 juta unit per tahun di 2016.

Di samping itu, menurutnya, perseroan juga berencana membangun pabrik baru senilai Rp80 miliar di atas lahan seluas 1,7 hektare yang direncanakan mulai operasional Februari 2014.

Pada 4 September 2013, pihaknya menandatangani nota kerja sama pendirian perusahaan patungan dengan Metal Art untuk membangun pabrik yang memproduksi forging parts untuk pasar original equipment manufacturer (OEM) mobil, seperti crankshaft, connecting rod, dan gears.

Investasi yang akan digelontorkan dalam rencana tersebut adalah US$45,3 juta dengan luas lahan 3,2 hektare. “Kami targetkan mulai produksi massal pada Juli tahun depan dengan kapasitas produksi 60.000 unit per tahun, dan diharapkan meningkat menjadi 8,7 juta unit per tahun di 2017 mendatang,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Herdiyan
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper