Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ekspansi 2014, Semen Indonesia Butuh Dana Rp3 Triliun

Produsen semen pelat merah PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SMGR) membuka opsi mencari pendanaan eksternal sekitar Rp2 triliun hingga Rp3 triliun untuk mendukung ekspansi perseroan tahun depan.
Herdiyan
Herdiyan - Bisnis.com 27 November 2013  |  05:50 WIB
Ekspansi 2014, Semen Indonesia Butuh Dana Rp3 Triliun
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Produsen semen pelat merah PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SMGR) membuka opsi mencari pendanaan eksternal sekitar Rp2 triliun hingga Rp3 triliun untuk mendukung ekspansi perseroan tahun depan.

Direktur Utama Semen Indonesia Dwi Soetjipto menuturkan kebutuhan dana tahun depan diproyeksikan mencapai Rp6 triliun—Rp7 triliun, baik untuk ekspansi di dalam negeri maupun pengembangan usaha di Myanmar dan Bangladesh.

Sekitar Rp2 triliun disiapkan untuk pembangunan proyek pabrik di Rembang (Jawa Tengah) dan Padang (Sumatra Barat), pabrik pengemasan Rp1 triliun, modal kerja Rp1 triliun, dan sejumlah pengembangan bisnis perseroan lainnya Rp1 triliun—Rp2 triliun.

“Untuk dalam negeri saja, dana yang dibutuhkan mungkin sekitar Rp4 triliun—Rp5 triliun. Bila digabung dengan rencana ekspansi ke dua negara itu, kami proyeksikan butuh dana Rp6 triliun—Rp7 triliun,” katanya seperti diberitakan Bisnis Indonesia, Rabu (27/11).

Menurutnya, perseroan hanya sanggup mendanai ekspansi tahun depan sekitar Rp4 triliun dari kas internal, terutama diperoleh laba bersih tahun ini yang diproyeksikan menyentuh Rp5 triliun.

Oleh karena itu, Semen Indonesia sedang fokus mencari alternatif terbaik dalam rencana perseroan mencari pendanaan dari eksternal, baik pinjaman perbankan, export credit agency (ECA), maupun obligasi.

“Bila [belanja modal yang dibutuhkan tahun depan] Rp4 triliun, kami dapat penuhi dari internal. Namun, kalau di atas Rp5 triliun, kami baru mencari tambahan dari eksternal,” tegasnya.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

semen indonesia
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top