Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indofood Akuisisi Lebih Dari 51% Saham CMFC, China

Bisnis.com, JAKARTA – PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) hari ini Rabu (4/9/2013) mengumumkan telah memiliki, menguasai atau menyetujui untuk mengakuisisi lebih dari 50% saham China Minzhong Food Corporation Limited (CMFC) yang sahamnya tercatat

Bisnis.com, JAKARTA – PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) hari ini Rabu (4/9/2013) mengumumkan telah memiliki, menguasai atau menyetujui untuk mengakuisisi lebih dari 50% saham China Minzhong Food Corporation Limited (CMFC) yang sahamnya tercatat di Bursa Singapura.

Anthoni Salim, Direktur Utama dan CEO PT Indofood Sukses Makmur Tbk.,  mengungkapkan langkah tersebut menyusul disampaikannya penawaran tender pada 2 September 2013 pada harga US$1,12 per lembar saham yang mencerminkan nilai CMFC sekitar US$734 juta.

“Indofood telah melakukan akuisisi saham CMFC melalui pembelian secara langsung dipasar sehingga kepemilikan Indofood di CMFC menjadi lebih dari 50%. Dengan demikian, syarat penawaran telah terpenuhi,” kata Anthoni dalam siaran pers Indofood, hari ini Rabu (4/9/2013).

Indofood yakin bahwa akuisisi ini dapat meningkatkan nilai perusahaan baik untuk indofood dan CMFC dalam jangka panjang, mengingat potensi pertumbuhan yang menarik di Indonesia dan China.

Sembilan Peluang

Menurut Anthoni, Indofood memandang kegiatan usaha CMFC dapat secara strategis melengkapi kegiatan usaha Indofoof saat ini, dan dapat memberikan berbagai peluang untuk melakukan integrasi dan sinergi secara strategis.

Berikut ini adalah peluang strategis yang diperoleh dari aksi akuisisi tersebut.

Pertama, memperkenalkan industrialised farming di Indonesia dengan memanfaatkan keahlian dan sumber daya yang dimiliki CMFC dan Indofoof, serta berpeluang menerapkan keahlian dan sumber daya tersebut ke berbagai wilayah lain di Asia melalui kegiatan patungan atau kerja sama lainnya.

Kedua, memasok berbagai bumbu sebagai pelengkap mi instan, serta bahan baku lainnya dari CMFC untuk Indofood dan entitas anak perusahaan.

Ketiga, peluang untuk menjual dan mendistribusikan produk – produk CMFC di Indonesia melalui jaringan distribusi Indofood yang luas.

Keempat, menerapkan model bisnis CMFC dalama kegiatan usaha tertentu yang dimiliki Indofood di Indonesia, khususnya untuk memperkuat mata rantai pasokan dan memperluas portofolio produk Indofood.

Kelima, kerja sama strategis dalam hal mata rantai pasokan dan distribusi produk baik di pasar China maupun Indonesia.

Keenam, memanfaatkan berbagai kekuatan yang dimiliki Indofood, termasuk aspek keuangan, pengetahuan mengenai manajemen dan keahlian, untuk meningkatkan kegiatan operasional CMFC.

Ketujuh, mendukung rencana investasi dan pengembangan usaha CMFC ke depan dengan memberkan dukungan di bidang keuangan, serta meninkatkan kemampuan CMFC di pasar modal dan obligasi.

Kedelapan, meningkatkan keuangan CMFC dengan memperluas kehadirannya di pasar internasional dengan memasuki pasar Indonesia, yang merupakan pasar dengan pertumbuhan ekonomi tercepat.

Peningkatan kinerja ini dilakukan melalui pemanfaatan keahlian di bidang pemasaran dan jaringan distribusi Indofood untuk produk konsumen bermerek dari CMFC, alih pengetahuan kepada CMFC untuk membangun jaringan distribusi di China agar dapat melakukan integrasivertikal, serta meraih pelaung pasar yang lebih besar, dan memperluas produk CMFC engan mendistribusikan dan menjualan produk Indofood CBP Sukses Makmur Tbk

Kedelapan, mencontoh model bisnis CMFC dalam hal industrian dan convertional farming di Indonesia.

Kesembilan, realisasi dari manfaat integrasi dan berbagai sinergi secara strategis yang dapat diperoleh Indofood akan memberikan manfaat bagi induk perusahaan Indofood, First Pacific Company Limited.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fatkhul-nonaktif
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper