Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Emiten Didorong Gunakan Fasilitas Buyback Saham Tanpa RUPS

Bisnis.com, JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong emiten untuk segera memanfaatkan fasilitas buyback saham tanpa melalui rapat umum pemegang saham (RUPS). 
Farodlilah Muqoddam
Farodlilah Muqoddam - Bisnis.com 28 Agustus 2013  |  22:12 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong emiten untuk segera memanfaatkan fasilitas buyback saham tanpa melalui rapat umum pemegang saham (RUPS). 

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Nurhaida mengatakan aturan mengenai hal tersebut telah lengkap dapat segera diaplikasikan.

Pada Jumat (22/8/2013), OJK telah menerbitkan Peraturan OJK No 2/POJK.04/2013 tentang Pembelian Kembali Saham yang Dikeluarkan oleh Emiten atau Perusahaan Publik dalam Kondisi Pasar yang Berfluktuasi secara Signifikan. Setelah itu, pada Selasa (27/8/2013) OJK juga telah menerbitkan surat edaran untuk mengatur tata cara pelaksanaannya. 

"Hari ini, fasilitas tersebut sudah dapat dimulai," ujarnya dalam acara Gala Dinner MNC Business 3rd Anniversary & Awarding, Rabu (28/8/2013).

Pasar dinilai berfluktuasi secara signifikan ketika IHSG secara kumulatif turun 15% atau lebih selama 3 hari berturut-turut, atau kondisi lain yang ditetapkan oleh OJK.

Dalam kondisi tersebut, perusahaan dapat membeli kembali sahamnya sampai batas maksimal 20% dari modal disetor tanpa perlu mendapat persetujuan dari RUPS

Selain itu, pasar juga dinilai berfluktuasi ketika OJK telah menerbitkan surat keterbukaan informasi yang menyatakan skema pembelian kembali saham dapat dilakukan tanpa RUPS.

Dia menyebutkan indeks harga saham gabungan telah merosot sekitar 26% dalam kurun waktu antara 20 Mei 2013-28 Agustus 2013. Kondisi ini dinilai telah memenuhi prasyarat agar fasilitas buyback dapat dilakukan. "Walaupun indeks tidak turun 15% secara kumulatif dalam 3 hari, tapi kondisi ini dinilai penting," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

saham emiten buyback ojk rups
Editor : Sepudin Zuhri

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top