Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Fitch Rating Berikan Peringkat B+ Multipolar

Bisnis.com, JAKARTA-Perusahaan ritel PT Multipolar Tbk mengantongi peringkat B+ untuk rencana penerbitan obligasi global dari Fitch Ratings.
Lavinda
Lavinda - Bisnis.com 12 Juli 2013  |  17:59 WIB

Bisnis.com, JAKARTA-Perusahaan ritel PT Multipolar Tbk mengantongi peringkat B+ untuk rencana penerbitan obligasi global dari Fitch Ratings.

Dalam rilisnya Jumat(12/7/2013) disebutkan, obligasi global akan diterbitkan oleh Pacific Emerald Pte Ltd dengan dijamin oleh PT Multipolar Tbk dan anak perusahaan tertentu.

"Peringkat final bergantung pada diterimanya dokumen final yang sesuai dengan informasi yang diterima sebelumnya," ujar Analis Utama Fitch Ratings Shahim Zubair.

Adapun, penetapan peringkat mempertimbangkan sejumlah faktor, salah satunya terkait struktur subordinasi Multipolar sebagai perusahaan holding yang memiliki ketergantungan tinggi kepada dividen.

Meski demikian, lanjutnya, peringkat juga mencerminkan posisi pasar yang kuat di dalam sektor ritel Indonesia, yang didukung oleh kondisi makro ekonomi yang baik.

Struktur perusahaan holding emiten berkode saham MLPL ini mengartikan adanya arus kas tersubordinasi secara struktur terhadap kewajiban anak perusahaan yang beroperasi. Hal ini terutama PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) dan PT Matahari Department Store Tbk (MDS), yang keduanya berkontribusi lebih dari 50% terhadap arus kas Multipolar.

Dengan begitu, kapasitas MLPL dalam memenuhi kewajibannya akan bergantung pada kemampuan MPPA dan MDS untuk terus membagikan deviden.

Meskipun MPPA dan MDS memiliki kemampuan tinggi menghasilkan laba dan memiliki rasio hutang yang moderat, strategi kedua perusahaan untuk berekspansi memberi eksposur terhadap resiko kenaikan harga sewa toko sehingga menyebabkan profil kreditnya menjadi lebih lemah dibandingkan perusahaan lain yang memiliki properti sendiri.

Fitch menganggap fleksibilitas MPPA untuk membayar deviden dibatasi oleh fleksibilitas keuangannya yang terbatas, seperti tercermin dari rasio fund from operation (FFO) fixed charge cover di bawah 2x.

Di sisi lain, Fitch berekspektasi MLPL dapat memelihara profil likuiditas yang cukup, didukung oleh stabilitas pendapatan dari anak perusahaan, dan arus deviden yang konsisten dari MPPA dan MDS.

Fitch meyakini dalam situasi yang mendesak MLPL akan memiliki akses terhadap likuiditas tambahan lewat penjualan kepemilikan sahamnya di MPPA atau MDS.

Lembaga pemeringkat internasional itu juga memberi peringkat senior tanpa jaminan dan utang jangka panjang pada level yang sama dengan prospek stabil.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG fitch ratings bursa saham multipolar
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top