Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SEMEN BATURAJA Cari Pinjaman Rp500 Miliar untuk Bangun Pabrik

BISNIS.COM, JAKARTA—PT Semen Baturaja (Persero) sedang gencar mencari pinjaman perbankan sebesar Rp500 miliar untuk mendukung pengembangan bisnis produsen semen milik negara itu selama 2013—2015.
Herdiyan
Herdiyan - Bisnis.com 03 April 2013  |  19:53 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA—PT Semen Baturaja (Persero) sedang gencar mencari pinjaman perbankan sebesar Rp500 miliar untuk mendukung pengembangan bisnis produsen semen milik negara itu selama 2013—2015.

Direktur Utama Semen Baturaja Pamudji Rahardjo menuturkan sejumlah bank milik pemerintah telah menawarkan pinjaman dengan berbagai macam tawaran bunga. Akan tetapi, saat ini pihaknya sedang mempertimbangkan yang terbaik bagi perseroan.

“Pinjaman perbankan ini belum terlalu mendesak. Mungkin baru akan dipakai tahun depan. Tahun ini kami masih fokus menggunakan dana internal Rp400 miliar untuk belanja modal dan hasil penawaran umum yang dijadwalkan Juni tahun ini,” katanya dalam media briefing di Pacific Place hari ini, Rabu (3/4/2013).

Produsen semen yang berpusat di Palembang, Sumatra Selatan itu berencana meningkatkan kapasitas produksi menjadi 3,85 juta ton per tahun pada 2016 seiring realisasi pembangunan penggilingan semen (cement mill) baru dan pabrik Baturaja 2.

Pembangunan cement mill dilakukan sejak 2011 dengan investasi senilai Rp350 miliar dan akan mulai beroperasi pada kuartal II/2013.

“Nanti cement mill akan produksi 750.000 ton per tahun. Investasinya Rp350 miliar dari internal,” katanya.

Perseroan, lanjutnya, juga berencana membangun pabrik baru Baturaja 2 pada kuartal IV/2013 yang akan memproduksi semen 1,85 juta ton per tahun dan diperkirakan mulai beroperasi pada akhir 2016.

Dia menjelaskan investasi pembangunan pabrik Baturaja 2 tersebut mencapai Rp2,5 triliun yang berasal dari kas internal senilai Rp1 triliun, Rp1 triliun dari initial public offering (IPO), dan Rp500 miliar berupa pinjaman bank.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

semen baturaja
Editor : Others

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top