Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

NILAI TUKAR: Yen Melemah Ke Level Terendah Sejak Mei 2010

SYDNEY--Nilai tukar Yen jatuh ke level terendah sejak Mei 2010 terhadap dolar AS di tengah spekulasi Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe yang sedang memersiapkan untuk mencalonkan Presiden Asian Development Bank Haruhiko Kuroda sebagai gubernur Bank of

SYDNEY--Nilai tukar Yen jatuh ke level terendah sejak Mei 2010 terhadap dolar AS di tengah spekulasi Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe yang sedang memersiapkan untuk mencalonkan Presiden Asian Development Bank Haruhiko Kuroda sebagai gubernur Bank of Jepang.

Mata uang Asia juga turun melawan Euro setelah berita Kyodo mengatakan Abe mungkin akan menghadirkan Kuroda kepada Diet Jepang pada pertengahan minggu ini.

"Pasar telah menaruh perhatian pada spekulasi bahwa Kuroda akan menjadi gubernur BoJ yang baru dan harapan bahwa dia akan mendukung kebijakan pelonggaran yang agresif," kata Mike Jones, Analis Mata Uang Bank of New Zealand di Wellington seperti dikutip Bloomberg.

"Hal itu menyediakan penurunan lebih lanjut untuk Yen," ujarnya.

Yen melemah ke level 94,77 per dollar AS, terendah sejak Mei 2010 sebelum diperdagangkan pada level 94,34 sampai dengan pukul 7.40 pagi di Tokyo dari level sebelumnya 93,42 di New York pekan lalu. Yen turun 1% menjadi 124,47 per euro sedangkan Euro tak bergerak pada level US$1,319,4/dollar AS.

Mata uang Jepang telah turun 7% pada tahun ini, penurunan terbesar di antara 10 mata uang negara berkembang.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Achmad Aris
Editor : Others
Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper