Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PEMERINGKAT EFEK: Prospek Peringkat Indomobil Wahana jadi negatif

JAKARTA--PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) merubah prospek peringkat PT Indomobil Wahana Trada dari stabil menjadi negatif.Analis Pefindo Boniarga Mangiring dan Vonny Widjaja mengatakan perubahan prospek peringkat perseroan tersebut mencerminkan

JAKARTA--PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) merubah prospek peringkat PT Indomobil Wahana Trada dari stabil menjadi negatif.

Analis Pefindo Boniarga Mangiring dan Vonny Widjaja mengatakan perubahan prospek peringkat perseroan tersebut mencerminkan peningkatan leverage keuangan perusahaan untuk mendanai ekspansi usahanya.

"[Selain itu] Pertumbuhan penjualan yang di bawah target, yang dapat memengaruhi secara negatif tingkat proteksi arus kas perusahaan," kata keduanya dalam keterangan resmi, Jum'at (15/2/2013).

Keduanya menjelaskan masih dipertahankannya peringkat idA untuk perusahaan dan obligasi perseroan I 2012 didukung oleh posisi pasar persroan yang bagus di industri dan lokasi outlet perseroan yang terdiversifikasi.

Namun demikian, sambung keduanya, peringkat tersebut dibatasi oleh meningkatnya tingkat leverage keuangan untuk mendanai ekspansi bisnis dan karakteristik industri otomotif yang kompetitif dan sensitif terhadap kondisi makro ekonomi.

Dalam kesempatan itu, Pefindo juga menetapkan kembali peringkat idA untuk obligasi perseroan I seri A senilai Rp271 miliar yang akan jatuh tempo pada 29 Juni 2013.

Manajemen perseroan berencana membayar obligasi yang akan jatuh tempo tersebut dengan menggunakan fasilitas pinjaman bank dan kas internal.

Saat ini, distributor otomotif di bawah kendali Group Indomobil itu memegang hak dealership ekslusif dari PT Nissan Motor Distributor Indonesia untuk menjual bermerek Nissan di Indonesia, penjualan suku cadang terkait, dan pelayanan bengkel.

Per 31 Oktober 2012, PT Indomobil Sukses Internasional Tbk memegang kepemilikan saham perseroan sebesar 99,55% dan sisanya 0,45% dimiliki oleh PT IMG Sejahtera Langgeng.(msb)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Achmad Aris
Editor : Others
Sumber : Achmad Aris

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper