Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

EKSPANSI SEMEN GRESIK: SG Siapkan Rp3 Triliun Akuisisi Saham Thang Long Cement

HA LONG, Vietnam-PT Semen Gresik Tbk (SMGR) berencana menempatkan 5 orang wakilnya di dalam dewan direksi Thang Long Cement Company terkait dengan akuisisi mayoritas saham di produsen semen Vietnam itu di Hanoi sore ini (18/12).
Zufrizal
Zufrizal - Bisnis.com 18 Desember 2012  |  07:37 WIB

HA LONG, Vietnam-PT Semen Gresik Tbk (SMGR) berencana menempatkan 5 orang wakilnya di dalam dewan direksi Thang Long Cement Company terkait dengan akuisisi mayoritas saham di produsen semen Vietnam itu di Hanoi sore ini (18/12).

Corporate Secretary Semen Gresik Agung Wiharto mengatakan pasca-akuisisi, BUMN semen nasional itu akan mempertahankan komposisi dewan direksi Thang Long yang saat ini berjumlah 7 orang.

“Pasca akuisisi kami akan menempatkan 5 orang dari Semen Gresik. Namun sepertinya untuk posisi CEO [chief executive officer] masih akan ditempati wakil dari Thang Long Cement,” ujarnya di Ha Long hari ini (18/12).

Menurut Agung, dipertahankannya posisi CEO dari Thang Long untuk sementara waktu, agar proses akuisisi dan operasional perusahaan berlangsung mulus.

PT Semen Gresik sore ini akan menandatangani transaksi (closing transaction) jual beli saham Thang Long Cement di di Kantor Pusat General Export Import Joint Stock Company (Geleximco) di Hanoi yang merupakan induk perusahaan Thang Long.

Saat ini Geleximco menguasai 100% saham Thang Long yang memiliki kapasitas produksi 2,3 juta ton semen per tahun.

Adapun Semen Gresik yang memiliki kapasitas produksi 26 juta ton semen per tahun akan membeli sekitar 60% sampai dengan 80% saham Thang Long.

Karena alasan masih terikat non-disclosure agreement, manajemen Semen Gresik belum bersedia mengungkapkan berapa besar saham yg akan diambil alih, termasuk nilai transaksi.

Namun Agung menuturkan BUMN tersebut memilliki dana segar hingga Rp3 triliun yang bisa dipakai untuk pembelian saham Thang Long Cement.(foto: thanglongcement.com.vn/yus) 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : David Eka Issetiabudi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top