Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PASAR OBLIGASI: SUN terkoreksi akibat sentimen negatif pasar global

 

 

JAKARTA: Sentimen negatif dari pasar global telah mendorong koreksi harga surat utang negara (SUN) seri acuan terutama seri FR0058.

 

Sekretaris Perusahaan Indonesia Bond Pricing Agency (IBPA) Tumpal Sihombing melaporkan koreksi harga FR0058 terjadi hingga 140 basis poin dari leverl 112,15 ke 110,75 basis poin.

 

"Ini adalah level terendah FR0058 sejak 6 bulan terakhir," katanya dalam laporan tengah hari, Rabu 16 Mei 2012.

 

Namun demikian, sambungnya harga seri FR0060 berhasil rebound pada sesi pagi dengan penguatan sebesar +23,4 bps dari level 103,54 ke level 103,77.

 

"Penguatan tersebut terjadi pascaharga FR0060 menyentuh level terendahnya sejak awal tahun ini pada penutupan kemarin," jelasnya.

 

Secara umum, Tumpal menerangkan yield SUN di semua tenor masih mencetak kenaikan dengan besaran yang lebih tinggi ketimbang sesi padi kemarin.

 

"Kenaikan yield di semua tenor berkisar antara 8,1 bps-16,5 bps yang mana kenaikan tercepat terjadi pada tenor panjang dengan kenaikan rata-rata yield sebesar +10,34 bps atau sedikit lebih tinggi ketimbang yield tenor pendek yang juga naik +10,33 bps," tuturnya.

 

Selain itu, sambungnya, kenaikan juga terjadi di tenor menengah (5 tahun-7 tahun) dengan kenaikan +8,4 bps.

 

"Kenaikan di semua tenor mengindikasikan bahwa kecemasan pelaku pasar terkait kondisi Eropa yang belum menunjukkan adanya titik terang masih berlanjut hingga siang ini," ujarnya. (ea)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper