Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PREDIKSI INDEKS: Tekanan jual masih mengancam IHSG

JAKARTA: Indeks harga saham gabungan (IHSG) diperkirakan kembali terdera tekanan jual pada perdagangan hari ini, Selasa 8 Mei 2012.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 08 Mei 2012  |  06:01 WIB

JAKARTA: Indeks harga saham gabungan (IHSG) diperkirakan kembali terdera tekanan jual pada perdagangan hari ini, Selasa 8 Mei 2012.

 

Reza Priyambada, analis PT Indosurya Asset Management menilai kondisi regional dan global belum membuka ruang bagi penguatan indeks.

 

"Kalau bursa Amerika dan Eropa ditutup melemah lagi, kemungkinan besar indeks akan bergerak landai dengan kecenderungan melemah,” ujarnya kepada Bisnis, Senin 7 Mei 2012.

 

Dia menambahkan pemodal masih menunggu kejelasan dari Eropa sambil sesekali mengincar beberapa saham yang berniat membagikan dividen.

 

Meski begitu, sentimen negatif eksternal masih lebih dominan dibandingkan dengan sentimen dalam negeri.

 

“Hampir semua emiten sudah menyampaikan laporan keuangan, sehingga tidak ada penyeimbang sentimen negatif dari luar negeri. Paling investor melirik emiten yang mau membagikan dividen.”

 

Reza memprediksi kisaran support untuk perdagangan hari ini berada di rentang 4.135-4.144. Sementara itu, resistance berada di kisaran 4.163-4.170.

 

Net buy asing

Untuk day trading dia merekomendasikan beberapa saham a.l PGAS, CMNP, TLKM, dan BMRI. “Pemodal asing masih membukukan net buy untuk saham-saham tersebut,” jelasnya.

 

Kemarin indeks ditutup 4.158,86, terkoreksi 1,37%. Aksi jual saham berkapitalisasi besar seperti ASII, BMRI, dan UNTR membuat indeks hanya mampu bergerak di rentang 4.130,25-4.216,41.

 

Frekuensi perdagangan kemarin 110.328 kali, dengan volume saham 3,91 miliar. Perdagangan cukup marak dilihat dari nilai transaksi yang menyentuh angka Rp5,03 triliun.

 

Seluruh sektor di bursa gugur di zona merah, dikomando sektor perdagangan dan pertambangan yang melemah 2,29% dan 2,25%. Investor asing melakukan aksi jual bersih Rp266,8 miliar.

 

Perlemahan IHSG sejalan dengan buruknya pergerakan beberapa bursa Asia. Nikkei-225 amblas 2,78% ke level 9.119,14, sedangkan Hang Seng melemah 2,61% ke posisi 20.536,65. (Bsi)

 

 

+++ JANGAN LEWATKAN ARTIKEL BERIKUT:

Awas! FBI Sadap Facebook, GMail, YM dan Skype!

ROKOK Bukan Penyebab KANKER?

CHARLES SAERANG, Demi Perempuan

Jika Menteri Perindustrian MS HIDAYAT bicara Pekerja Seks Perempuan

Baca Koran BISNIS INDONESIA Hari Ini


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Muhammad Kholikul Alim

Editor : Puput Jumantirawan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top