Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KONTRAKTOR BUMI RESOURCES: Darma Henwa raih kredit Rp30 miliar dari Bank Victoria

 

 

JAKARTA: Kontraktor pertambangan milik Bumi Resources, PT Darma Henwa Tbk, memperoleh fasilitas kredit dari PT Bank Victoria International Tbk sebesar Rp30 miliar bertenor 120 bulan.

 

Berdasarkan laporan keuangan audit perseroan, fasilitas itu dikantongi emiten berkode DEWA ini pada 27 Februari 2012 bertenor 120 bulan/10 tahun. Pinjaman ini akan dibayarkan dengan tingkat bunga 12,5% per tahun.

 

PT Bumi Resources Tbk menggenggam saham Darma Henwa sebesar 31,43% dari sebelumnya 28,79% melalui Zurich Asset International Ltd dan Goldwave Capital Limited.

 

Adapun sisa daham DEWA lain dipegang oleh masyarakat sebesar 52,67% dan Quest Corporation 8,04%.

 

Bumi Resources mengakuisisi 80% Zurich Asset International Ltd yang berbasis di Republik Seychelles ini pada Januari 2009 dengan merogoh kocek US$218 juta atau setara dengan Rp1,96 triliun.

 

Sekretaris Perusahaan Darma Henwa Dian Adhitama mengatakan sepanjang tahun lalu perseroan mencetak rugi bersih US$24,01 juta atau turun drastis dari tahun sebelumnya laba US$588.128 salah satunya setelah melepas anak usaha tahun lalu.

 

Perseroan sebetulnya membukukan kenaikan pendapatan menjadi Rp283,36 juta dari sebelumnya US$230,08 juta. Akan tetapi beban usaha perseroan juga naik menjadi US$290,65 juta dari sebelumnya US$224,81 juta.

 

Rugi bersih itu bisa dilihat dari pos rugi selisih kurs mencapai US$4,90 juta dari sebelumnya laba kurs US$1,55 juta. Perseroan juga mencetak rugi atas pelepasan entitas anak sebesar US$907.800.

 

“Meskipun pendapatan usaha meningkat menjadi US$283,36 juta tahun lalu tetapi pada saat yang sama beban usaha kami juga meningkat menjadi US$290,63 juta sehingga rugi usaha menjadi US$7,26 juta,” katanya melalui pesan singkat kepada Bisnis. (ea)

 

BACA JUGA:

DEMO BURUH terbesasr di India sepanjang sejarah gara-gara EMAS berakhir

KASUS KORUPSI: Wuih…, Kejagung intip kasus CHEVRON PACIFIC

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hery Trianto

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper